STRATEGI USAHA UD. DWI TUNGGAL LUMAJANG DI ERA MASYARAKAT EKONOMI ASEAN (MEA)

MUHAMMAD JUNAIDI ABDILLAH, 083112036 (2016) STRATEGI USAHA UD. DWI TUNGGAL LUMAJANG DI ERA MASYARAKAT EKONOMI ASEAN (MEA). ["eprint_fieldopt_thesis_type_Undergraduate" not defined] thesis, IAIN JEMBER.

[img]
Preview
Text
COVER LUAR.pdf

Download (89kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (447kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (429kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I Pendahuluan.pdf

Download (557kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab II Kajian Kepustakaan.pdf

Download (618kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III Metodologi Penelitian.pdf

Download (517kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV Penyajian Data dan Analisis.pdf

Download (610kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V Kesimpulan.pdf

Download (439kB) | Preview

Abstract

Muhammad Junaidi Abdillah, 2016: Strategi Usaha Mikro UD Dwi Tunggal
Lumajang di Era Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA)

Masyarakat Ekonomi ASEAN sudah diterapkan di indonesia.Munculnya
MEA atau Asean Economy Community (AEC) merupakan bentuk realisasi dari
tujuan akhir integrasi ekonomi di Kawasan Asia Tenggara. Mengingat ketatnya
persaingan yang akan terjadi dengan adanya Masyarakat Ekonomi ASEAN
(MEA) ini, maka perlu adanya pengembangan dan penguatan dalam sektor Usaha
Mikro. Sebagaimana kita ketahui bahwa usaha mikro memiliki peranan yang
besar bagi perekonomian indonesia. Karena membantu penyerapan tenaga kerja,
mengurangi angka pengangguran dan kemiskinan serta meningkatkan angka
pendapatan domestik negara. Berbicara soal usaha mikro, UD Dwi Tunggal
Lumajang merupakan usaha mikro yang bergerak dalam bidang makanan ringan
khas daerah yang sudah mengekspor produknya ke Malaysia, Arab Saudi dan
Australia. Kita bisa mengetahui bahwa produk lokal tidak akan kalah bersaing
dengan produk negara anggota ASEAN lainnya oleh karena itu usaha mikro juga
perlu strategi yang matang untuk bersaing di Era MEA
Fokus penelitian berdasarkan latar belakang yang diuraikan sebelumnya
adalah 1) Bagaimana strategi usaha mikro UD Dwi Tunggal di Era MEA?
2) Apa tantangan usaha mikro UD Dwi Tunggal di Era MEA? 2) Apa peluang
usaha mikro UD. Dwi tunggal di Era MEA?
Tujuan penelitian ini adalah 1) Untuk mendeskripsikan usaha UD Dwi
Tunggal bersaing di Era Masyarakat Ekonomi ASEAN dan 2) Untuk
mendeskripsikan tantangan dan peluang UD Dwi Tunggal di Era MEA.
Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, dengan mengambil latar di
perusahaan keripik UD Dwi Tunggal Desa Banjarwaru Kabupaten Lumajang.
Peneliti menggunakan teknik purposive sampling untuk menentukan subyek
penelitian. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi, wawancara, dan
dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan deskriptif kualitatif karena peneliti
bermaksud untuk membuat deskripsi mengenai kejadian-kejadian yang terdapat selama
penelitian. Pemeriksaan keabsahan data dilakukan dengan triangulasi sumber.
Fokus penelitian di atas, memperoleh hasil penelitian: 1) Memasuki Era
Masyarakat Ekonomi ASEAN UD Dwi Tunggal memiliki strategi untuk
menghadapinya yaitu melalui penguatan strategi produksi, strategi harga, strategi
promosi dan strategi layanan untuk mengantisipasi masuknya barang dari pesaing
anggota ASEAN dan juga untuk memenuhi kebutuhan dan tuntutan konsumen,
dan UD Dwi Tunggal akan terus berinovasi membuat produk yang berkualitas,
tentunya tetap melestarikan produk lokal asli daerah .2) Tantangan yang dihadapi
usaha mikro UD Dwi Tunggal di Era MEA ini adalah pola pikir masyarakat
indonesia yang masih suka mengkonsumsi produk asing dan meremehkan produk
asli daerah. Tantangan lainnya adalah terbatasnya akses finasial dikarenakan
masih banyak pihak bank yang masih belum percaya terhadap pelaku usaha mikro
untuk mendapatkan bantuan peminjaman modal. 3) Peluang yang didapat di era
MEA adalah kesempatan besar mengenalkan produk UD. Dwi Tunggal ke
macanegara karena mudahnya akses pengiriman barang ekspor tanpa dikenakan
tarif pengiriman

Item Type: Thesis (["eprint_fieldopt_thesis_type_Undergraduate" not defined])
Uncontrolled Keywords: STRATEGI USAHA
Subjects: 14 ECONOMICS > 1402 Applied Economics > 140202 Economic Development and Growth
Divisions: Fakultas Syariah > Hukum Ekonomi Islam
Depositing User: Masrur Rizqon
Date Deposited: 07 Nov 2017 03:36
Last Modified: 07 Nov 2017 03:36
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/220

Actions (login required)

View Item View Item