Implementasi Kurikulum 2013 Pada Pembelajaran Akidah Akhlak Di Madrasah Aliyah Negeri 2 Jember

Musrifah, Musrifah (2020) Implementasi Kurikulum 2013 Pada Pembelajaran Akidah Akhlak Di Madrasah Aliyah Negeri 2 Jember. Masters thesis, Institut Agama Islam Negeri Jember.

[img] Text
Musrifah_0849316048.pdf

Download (11MB)

Abstract

Kata Kunci: implementasi kurikulum 2013, pembelajaran akidah akhlak. Titik tekan pengembangan Kurikulum 2013 adalah penyempurnaan pola pikir, penguatan tata kelola kurikulum, pendalaman dan perluasan materi, penguatan proses pembelajaran, dan penyesuaian beban belajar agar dapat menjamin kesesuaian antara apa yang diinginkan dengan apa yang dihasilkan, maka pengembangan Kurikulum 2013 dilaksanakan atas dasar beberapa prinsip utama. Pertama, standar kompetensi lulusan diturunkan dari kebutuhan. Kedua, standar isi diturunkan dari standar kompetensi lulusan melalui kompetensi inti yang bebas mata pelajaran. Ketiga, semua mata pelajaran harus berkontribusi terhadap pembentukan sikap, pengetahuan dan keterampilan peserta didik. Keempat, mata pelajaran diturunkan dari kompetensi yang ingin dicapai. Kelima, semua mata pelajaran diikat oleh kompetensi inti. Keenam, keselarasan tuntutan kompetensi lulusan, isi, proses pembelajaran, dan penilaian. Fokus penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah tentang implementasi kurikulum 2013 pembelajaran akidah akhlak pada standar kompetensi lulusan (SKL) di Madrasah Aliyah Negeri 2 Jember,implementasi kurikulum 2013 pembelajaran akidah akhlak pada standar isi di Madrasah Aliyah Negeri 2 Jember, implementasi kurikulum 2013 pembelajaran akidah akhlak pada standar proses di Madrasah Aliyah Negeri 2 Jember. implementasi kurikulum 2013 pembelajaran akidah akhlak pada standar penilaian di Madrasah Aliyah Negeri 2 Jember. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif, Sedangkan jenis penelitian yang digunakan ialah berbentuk penelitian deskriptif, Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu dengan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi, Data dianalisis dengan menggunakan beberapa langkah sesuai teori Miles, Huberman dan Saldana yaitu menganalisis data dengan tiga langkah: kondensasi data (data condensation), menyajikan data (data display), dan menarik simpulan atau verifikasi (conclusion drawing and verification Adapun hasil dari penelitian ini yaitu : Standar isi mengenai ruang lingkup materi pelajaran akidah akhlak bahwa di Madrasah Aliyah Negeri 2 Jember pada mata pelajaran akidah akhlak semester 2 di kelas X diantaranya mengenai: perilaku terpuji, perilaku tercela, keutamaan membaca alqur‟an, mengenal tokoh – tokoh intelektual islam, kemudian di kelas XI diantaranya mengenai : tasawuf, akhlak pergaulan remaja, menghindari perilaku tercela, adab takziah dan meneladani sifat terpuji Abdurrahman Bin Auf Dan Abu Dzar Al- Gifari, serta di kelas XII diantaranya mengenai : bahaya syirik dan mempelajari asmaul husna, terbiasa berakhlak mulia, menghindari akhlak tercela, keteguhan rasul ulul azmi. Pada standar proses pembelajaran akidah akhlak mengenai proses perencanaan pembelajaran di Madrasah Aliyah Negeri 2 Jember dalam pembuatan RPP pelajaran akidah akhlak, guru – guru ada yang membuat baik secara individu maupun kelompok yang disebut MGMP (musyawaroh guru mata pelajaran ), dengan prosedur RPP yang sudah dibuat direvisi terlebih dahulu oleh kepala sekolah yang sementara digantikan oleh Plt. Kepala sekolah dari MAN 1. Sementara untuk proses pelaksanaan pembelajaran yang dilakukan para guru akidah akhlak , guru – guru sudah melaksanakan proses pembelajaran dengan baik, pemilihan metode serta srtategi yang tepat dan pengkondisian kelas yang baik, membuat proses belajar mengajar di kelas berjalan sesuai rencana, serta membuat peserta didik lebih aktif dan antusias dalam mengikuti pelajaran akidah akhlak. Standar evaluasi kurikulum 2013 pembelajaran akidah akhlak di Madrasah Aliyah Negeri 2 Jember, para guru mata pelajaran akidah akhlak melakukan evaluasi terkait dengan aspek sikap, pengetahuan dan keterampilan kepada peserta didik dengan memberikan tugas kepada peserta didik berupa, tugas individu, tugas kelompok, ulangan harian, ulangan semester, serta ujian madrasah seperti UM-BK dan UAMBN-BK guna untuk mengetahui tingkat pencapaian kompetensi peserta didik

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130211 Religion Curriculum and Pedagogy
Divisions: Program Magister > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ms Maulida Agustiningsih
Date Deposited: 07 Jun 2021 06:41
Last Modified: 07 Jun 2021 06:41
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/2208

Actions (login required)

View Item View Item