Analisis Pengaruh Penggunaan BSI Mobile, Literasi Digital dan Kualitas Pelayanan Terhadap Minat Menabung di Bank Syariah Indonesia KCP Jember Ambulu

Chusna, Erlin Waridatul (2023) Analisis Pengaruh Penggunaan BSI Mobile, Literasi Digital dan Kualitas Pelayanan Terhadap Minat Menabung di Bank Syariah Indonesia KCP Jember Ambulu. Undergraduate thesis, UIN KH Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
REVISI SIDANG (1).pdf

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK

Erlin Waridatul Chusna, Dr. M.F. Hidayatullah, S.H.I., M.S.I, 2023 : Analisis Pengaruh Penggunaan BSI Mobile, Literasi Digital dan Kualitas Pelayanan Terhadap Minat Menabung di Bank Syariah Indonesia KCP Jember Ambulu

Terdapat banyak faktor yang mempengaruhi masyarakat untuk tetap gemar menabung demi mempersiapkan pemenuhan kebutuhan di masa mendatang. Seperti contohnya kemudahan dalam menggunakan BSI Mobile, hal ini membuat masyarakat tertarik untuk tetap menabung di bank karena lebih efisien daripada harus megantri di bank. Apalagi kini banyak bank-bank yang mulai menerapkan digitalisasi perbankan untuk mengikuti perkembangan zaman yang semakin canggih, maka dari itu pentingnya pengetahuan tentang teknologi agar masyarakat dapat dengan mudah melakukan aktivitas sehari-hari mereka.
Rumusan masalah pada penelitian ini yaitu 1) Apakah penggunaan BSI Mobile berpengaruh signifikan terhadap minat menabung di Bank Syariah Indonesia, 2) Apakah literasi digital berpengaruh signifikan terhadap minat menabung di Bank Syariah Indonesia, 3) Apakah kualitas pelayanan berpengaruh signifikan terhadap minat menabung di Bank Syariah Indonesia, 4) Apakah penggunaan BSI Mobile, literasi digital dan kualitas pelayanan berpengaruh secara simultan terhadap minat menabung di Bank Syariah Indonesia
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya pengaruh antara variabel penggunaan BSI Mobile, literasi digital dan kualitas pelayanan terhadap minat masyarakat Ambulu untuk menabung di Bank Syariah Indonesia Kantor Cabang Pembantu Jember Ambulu.
Metode penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan jenis penelitian survei. Teknik pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling yang diikuti oleh 96 orang responden. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan uji validitas dan uji reabilitas dengan alat uji regresi linear berganda dan uji hipotesis pada penelitian ini menggunakan uji parsial (T) dan uji simultan (F).
Kesimpulan pada penelitian ini secara parsial variabel literasi digital dan kualitas pelayanan berpengaruh secara signifikan terhadap minat menabung masyarakat. Variabel literasi digital nilai signifikansi 0,028 < 0,05 serta nilai t hitung 2,230 > 1,1661. Variabel kualitas pelayanan nilai signifikansinya 0,033 < 0,05 dengan t hitung 2,168 > 1,661. Sedangkan variabel penggunaan BSI Mobile tidak berpengaruh signifikan terhadap minat menabung dengan nilai signifkansinya 0,256 > 0,05 dan t hitung -1,143 < 1,661. Secara simultan variabel penggunaan BSI Mobile, literasi digital dan kualitas pelayanan berpengaruh signifikan terhadap minat menabung masyarakat dengan nilai signifkansinya 0,021 < 0,05 dan f hitung 3,405 > 2,70.
Kata Kunci: Penggunaan BSI Mobile, Literasi Digital, Kualitas Pelayanan, Minat Menabung.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1502 Banking, Finance and Investment > 150201 Finance
15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1502 Banking, Finance and Investment > 150299 Banking, Finance and Investment not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syari'ah
Depositing User: Miss Erlin Chusna
Date Deposited: 10 Apr 2023 07:42
Last Modified: 10 Apr 2023 07:42
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/22112

Actions (login required)

View Item View Item