Strategi Pengembangan Produk Tape Wangi Prima Rasa Pada UD. MASTURI Di Desa Sumber Tengah Kecamatan Binakal Kabupaten Bondowoso.

Kamil, Musthofa (2018) Strategi Pengembangan Produk Tape Wangi Prima Rasa Pada UD. MASTURI Di Desa Sumber Tengah Kecamatan Binakal Kabupaten Bondowoso. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Musthofa Kamil_083 144 189.pdf

Download (2MB)

Abstract

Perusahaan jenis apapun, baik yang bergerak dalam bidang produksi maupun jasa perlu menyadari bahwa kelangsungan hidup perusahaan lebih penting daripada sekedar laba yang besar. Agar dapat mendukung kelangsungan hidup perusahaan, maka diperlukan strategi pengembangan produk. Hal ini penting karena yang akan dijual adalah produk dan konsumen akan mengenal perusahaan melalui produk yang ditawarkan. Dalam strategi pengembangan produk yang dilakukan oleh UD. MASTURI adalah yang berkaitan dengan pembuatan produk, pengembangan produk baru, dan siklus kehidupan produk. Fokus masalah yang diteliti: 1) Bagaimana proses pembuatan produk tape wangi prima rasa pada UD. MASTURI? 2) Bagaimana proses pengembangan produk tape wangi prima rasa pada UD. MASTURI ? Tujuan dalam penelitian ini adalah: 1) Untuk mendeskripsikan proses pembuatan produk tape wangi prima rasa pada UD. MASTURI. 2) Untuk mendeskripsikan proses pengembangan produk tape wangi prima rasa pada UD. MASTURI. Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan metode pendekatan kualitatif. Dalam pengumpulan data peneliti menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data dalam penelitian yaitu reduksi data, penyajian data dan menarik kesimpulan. Keabsahan data yang digunakan adalah dengan menggunakan triangulasi sumber. Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa: 1) Proses pembuatan produk tape wangi prima rasa pada UD. MASTURI meliputi beberapa tahap dari awal sampai finishing dan siap untuk dipasarkan. Adapun proses pembuatan tape dimulai dengan munculnya ide, bermusyawarah untuk menentukan ide yang baik, pengembangan dan pengujian konsep produk, Pengembangan strategi pemasaran, analisis usaha, mengadakan pengembangan usaha, market testing, dan terakhir memproduksi produk dengan skala besar. 2) Proses pengembangan produk tape wangi prima rasa pada UD. MASTURI adalah sebagai berikut: a. Produk baru, tujuan diproduksinya produk baru untuk menambah omzet penjualan dan juga untuk mencegah kebosanan konsumen terhadap produk yang perusahaan miliki. Adapun produk baru yang dimiliki adalah tape bakar, prol tape, dan suwar-suwir. Setiap produk yang baru pasti memiliki kategori tertentu yaitu produk baru bagi dunia, lini produk baru, perluasan lini, penyempurnaan produk yang sudah ada, repositioning, dan pengurangan biaya. b. Siklus kehidupan Produk, siklus kehidupan produk ini adalah sebuah teori yang penting, karena untuk memahami tentang umur suatu produk pada pasar. Diharapkan suatu produk bisa bertahan lama agar dapat menutupi semua biaya yang dikeluarkan dan mendapatkan laba yang besar. Ada 4 tahapan dalam siklus kehidupan produk yaitu dimulai dengan memperkenalkan produk, kemudian produk mulai tumbuh di pasar, produk memasuki fase kedewasaan, dan terakhir volume penjualan produk akan menurun.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1505 Marketing > 150506 Marketing Theory
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Ms Retno Amelia
Date Deposited: 10 Apr 2023 06:53
Last Modified: 10 Apr 2023 06:53
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/22158

Actions (login required)

View Item View Item