Pengaruh Hasil Belajar Ilmu Pengetahuan Alam Terhadap Akhlak Siswa di Madrasah Ibtidaiyah Muhammadiyah 02 Pontang Ambulu Jember Tahun Pelajaran 2016/2017

Mardiana, Liya (2017) Pengaruh Hasil Belajar Ilmu Pengetahuan Alam Terhadap Akhlak Siswa di Madrasah Ibtidaiyah Muhammadiyah 02 Pontang Ambulu Jember Tahun Pelajaran 2016/2017. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Liya Mardiana_084 134 013.pdf

Download (6MB)

Abstract

Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam menjadi suatu bidang ilmu yang memiliki tujuan agar siswa memiliki kepribadian yang baik dan menerapkan sikap ilmiah, karena hasil yang diperoleh siswa melalui pendidikan IPA mempengaruhi akhlak siswa. Oleh karena itu, materi pelajaran harus diberikan dengan nuansa pendidikan akhlak, karena akhlak merupakan suatu sifat yang meresap dan menjadi kepribadian seseorang. Untuk mengembangkan pribadi yang memiliki intelektual, kepribadian, dan keterampilan yang lebih tinggi maka harus dikembangkan melalui ranah kognitif, afektif, dan psikomotor. Oleh karena itu, penelitian ini dilakukan untuk mengkaji pengaruh hasil belajar IPA terhadap terhadap akhlak siswa di Madrasah Ibtidaiyah Muhammadiyah 02 Pontang Ambulu Jember. Pokok Masalah dalam penelitian ini secara umum yaitu Adakah pengaruh hasil belajar IPA terhadap akhlak siswa di Madrasah Ibtidaiyah Muhammadiyah 02 Pontang Ambulu Jember tahun pelajaran 2016/2017? sedangkan secara khusus dibagi menjadi tiga yaitu: 1) Adakah pengaruh hasil belajar IPA terhadap akhlak siswa kepada Allah di Madrasah Ibtidaiyah Muhammadiyah 02 Pontang Ambulu tahun pelajaran 2016/2017? 2) Adakah pengaruh hasil belajar IPA terhadap akhlak siswa kepada sesama manusia di Madrasah Ibtidaiyah Muhammadiyah 02 Pontang Ambulu tahun pelajaran 2016/2017? 3) Adakah pengaruh hasil belajar IPA terhadap akhlak siswa kepada lingkungan di Madrasah Ibtidaiyah Muhammadiyah 02 Pontang Ambulu tahun pelajaran 2016/2017? Adapun tujuan dalam penelitian ini secara umum yaitu untuk mengkaji pengaruh hasil belajar IPA terhadap akhlak siswa di Madrasah Ibtidaiyah Muhammadiyah 02 Pontang Ambulu tahun pelajaran 2016/2017. Sedangkan secara khusus dibagi menjadi tiga yaitu: 1) untuk mengkaji pengaruh hasil belajar IPA terhadap akhlak siswa kepada Allah di Madrasah Ibtidaiyah Muhammadiyah 02 Pontang Ambulu tahun pelajaran 2016/2017. 2) untuk mengkaji pengaruh hasil belajar IPA terhadap akhlak siswa kepada sesama manusia di Madrasah Ibtidaiyah Muhammadiyah 02 Pontang Ambulu tahun pelajaran 2016/2017. 3) untuk mengkaji pengaruh hasil belajar IPA terhadap akhlak siswa kepada lingkungan di Madrasah Ibtidaiyah Muhammadiyah 02 Pontang Ambulu tahun pelajaran 2016/2017. Penelitian ini dilakukan dengan mengumpulkan data melalui observasi, angket, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan analisis data dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan teknik analisis product moment. Penelitian ini memperoleh kesimpulan secara umum yaitu ada pengaruh positif yang rendah hasil belajar IPA terhadap akhlak siswa di Madrasah Ibtidaiyah Muhammadiyah 02 Pontang Ambulu tahun pelajaran 2016/2017. Sedangkan secara khusus dibagi menjadi tiga yaitu: 1) ada pengaruh positif yang rendah hasil belajar IPA terhadap akhlak siswa kepada Allah di Madrasah Ibtidaiyah Muhammadiyah 02 Pontang Ambulu tahun pelajaran 2016/2017. 2) ada pengaruh positif yang cukup kuat hasil belajar IPA terhadap akhlak siswa kepada sesama manusia di Madrasah Ibtidaiyah Muhammadiyah 02 Pontang Ambulu tahun pelajaran 2016/2017. 3) ada pengaruh positif yang rendah hasil belajar IPA terhadap akhlak siswa kepada lingkungan di Madrasah Ibtidaiyah Muhammadiyah 02 Pontang Ambulu tahun pelajaran 2016/2017.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 06 BIOLOGICAL SCIENCES > 0699 Other Biological Sciences > 069999 Biological Sciences not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Ms Retno Amelia
Date Deposited: 12 Apr 2023 06:31
Last Modified: 12 Apr 2023 06:31
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/22315

Actions (login required)

View Item View Item