Strategi Bauran Pemasaran Pada Produk Simpanan Idul Fitri Di Lembaga KSPS BMT UGT Nusantara Indonesia Capem Rambipuji.

Ilmia, Dewi Nur (2021) Strategi Bauran Pemasaran Pada Produk Simpanan Idul Fitri Di Lembaga KSPS BMT UGT Nusantara Indonesia Capem Rambipuji. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Dewi Nur Ilmia_E20171074.pdf

Download (10MB)

Abstract

Kata Kunci: strategi pemasaran, bauran pemasaran. Penelitian ini dilatar belakangi karena keberhasilan dalam memasarkan produk simpanan. Keberhasilan ini dapat dilihat dari perkembangan anggota yang selalu bertambah. Kegiatan dalam KSPS BMT UGT Nusantara Indonesia Capem Rambipuji pada umumnya sama dengan yang terdapat pada BMT atau Bank lainnya, yakni mengumpulkan dana dan menyalurkan dana. Salah satu simpanan unggulannya yaitu Simpanan Idul Fitri, dimana peningkatan jumlah anggota Produk Simpanan Idul Fitri dari tahun ke tahun, peningkatan tersebut terjadi karena jumlah anggota yang semakin bertambah. Hal tersebut menunjukkan bahwa simpanan idul fitri mampu menarik perhatian dan minat para calon anggotanya dan hal ini tidak lepas dari strategi pemasaran. Dari latar belakang tersebut peneliti merumuskan masalah yaitu : 1). Bagaimana strategi bauran pemasaran simpanan idul fitri di KSPS BMT UGT Nusantara Indonesia Capem Rambipuji, 2). apa kendala yang dihadapi saat memasarkan produk simpanan idul fitri. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan penelitian deskriptif kualitatif. Sedangkan jenis penelitiannya menggunakan Field Research (penelitian lapangan). Metode pengumpulan data : observasi, wawancara, dokumentasi, sedangkan untuk menguji keabsahan datanya menggunakan Triangulasi Sumber yaitu mengecek data yang telah diperoleh melalui beberapa sumber. Hasil penelitian menunjukan bahwa strategi bauran pemasaran simpanan Idul Fitri di KSPS BMT UGT Nusantara Indonesia Capem Rambipuji menerapkan 7P : product, strateginya dengan penamaan produk Si-Fitri dimana menggunakan akronim dari Simpanan Idul fitri penamaan Si-Fitri mudah dikenal dan marketable, price harga yang ditawarkan nominalnya ringan untuk kalangan menengah kebawah, place tempatnya sangat strategis sehingga mudah dijangkau oleh nasabah, promotion media brosur dan jemput bola, procces sangat mudah baik dari pendaftaran penyetoran ataupun penarikan, people untuk meningkatkan kualitas layanan karyawan KSPS BMT UGT Nusantara Indonesia Capem Rambipuji sering mengikuti seminar, physic evidence internal sudah memuaskan namun dari eksternal kurang memuaskan. Kendala yang dihadapi dalam strategi bauran pemasaran adalah 1). banyaknya pesaing antar BMT maupun bank konvensional 2). keterbatasan SDM 3). adanya kesan bahwa BMT hanya untuk orang muslim 4). adanya simpanan berjalan dimasyarakat seperti, arisan mindreng, simpanan, dan lain sebagainya.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1505 Marketing > 150506 Marketing Theory
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syari'ah
Depositing User: Ms Retno Amelia
Date Deposited: 04 May 2023 07:12
Last Modified: 04 May 2023 07:12
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/23005

Actions (login required)

View Item View Item