Analisis Buku Sholawat Sains Pendamping Buku Paket dan LKS Sesuai Kurikulum 2013 Ditinjau Berdasarkan Kriteria BSNP 2014.

Adawiyah, Indah Robi'atul (2021) Analisis Buku Sholawat Sains Pendamping Buku Paket dan LKS Sesuai Kurikulum 2013 Ditinjau Berdasarkan Kriteria BSNP 2014. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Indah Robi’atul Adawiyah_T201610011.pdf

Download (22MB)

Abstract

Kata Kunci: Kurikulum 2013, Instrumen BSNP, Buku Sholawat Sains Kurikulum 2013 merupakan kurikulum yang diterapkan di Indonesia untuk saat ini, dalam penggunaannya pemerintah juga menyediakan sumber belajar pokok yang berupa buku teks siswa dan buku guru yang dapat digunakan oleh guru dan siswa, namun dengan adanya buku tersebut tidak menutup kemungkinan bagi para guru dan siswa untuk menggunakan sumber belajar lain sebagai sarana penunjang tambahan dalam belajar. Dalam pemilihan buku penunjang pembelajaran, terdapat beberapa hal yang perlu diperhatikan dari beberapa aspek, seperti aspek kesesuaian isi, bahasa, penyajian, dan grafika. Salah satu cara yang dapat digunakan untuk menilai keempat aspek tersebut, yakni dengan menganalisisnya menggunakan instrument analisis yang dikeluarkan oleh BSNP. Fokus penelitian ini yaitu apakah “Buku Sholawat Sains Pendamping Buku Paket dan LKS Sesuai Kurikulum 2013” sudah memenuhi standar kriteria penilaian buku dari BSNP?. Kemudian tujuan dari penelitian ini yaitu untuk menganalisis kesesuaian “Buku Sholawat Sains Pendamping Buku Paket dan LKS Sesuai Kurikulum 2013” berdasarkan instrument penilaian dari BSNP. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, dengan jenis library research (studi pustaka). Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik dokumentasi dan angket, serta teknik analisis datanya menggunakan teknik analisis isi (content analysis). Teknik keabsahan data menggunakan teknik triangulasi penyidik, dan penyidik yang digunakan berjumlah 6 orang yang terdiri dari penyidik ahli dan penyidik pembanding. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa buku sholawat sains pendamping buku paket dan LKS sesuai kurikulum 2013 apabila dilihat dari empat aspek penilaian yakni isi, penyajian, bahasa, dan grafika, memiliki persentase berturut-turut sebesar, 73,5%, 66,1%, 78,3%, 81,9%, dengan kriteria penilaian layak. Sehingga buku ini dapat digunakan sebagai sumber belajar tambahan. Namun perlu dilakukan perbaikan baik dari aspek isi, penyajian, bahasa, dan grafika.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130299 Curriculum and Pedagogy not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris IPA
Depositing User: Ms Retno Amelia
Date Deposited: 08 May 2023 20:55
Last Modified: 08 May 2023 20:55
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/23188

Actions (login required)

View Item View Item