Sholihah, Ma'rifatus (2020) Strategi Komunikasi dalam Mempertahankan Loyalitas Pelanggan pada Usaha Jasa Pangkas Rambut Cak Tris di Pasar Senggol Lumajang. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.
Text
Ma’Rifatus Sholihah_083 144 184.pdf Download (2MB) |
Abstract
Usaha jasa merupakan jenis usaha yang memiliki aspek dan lingkup bisnis yang paling luas dibandingkan dengan jenis usaha lainnya. Selain memiliki keanekaragaman produk dan pelayanan, jenis usaha jasa termasuk memiliki persaingan yang paling ketat. Strategi pengelolaan usaha dituntut untuk senantiasa mampu menyerap perubahan pasar dan selera konsumen yang selalu berubah setiap saat. Salah satunya adalah strategi yang berfokus pada konsumen (consumer orientation) yang tujuannya untuk memaksimalkan kepuasan konsumen dengan memahami keinginan pelanggan seperti perilaku, kebutuhan, dan keinginan. Pada penelitian ini, peneliti membuat beberapa fokus masalah yang diantaranya: (1) Bagaimana strategi komunikasi dalam mempertahankan loyalitas pelanggan pada usaha jasa pangkas rambut Cak Tri di Pasar Senggol Lumajang?, (2) Apa saja faktor pendukung dan penghambat strategi komunikasi dalam mempertahankan loyalitas pelanggan pada usaha jasa pangkas rambut Cak Tris di Pasar Senggol Lumajang? Tujuan penelitian ini adalah : (1) Untuk mengetahui dan mendeskripiskan strategi komunikasi dalam mempertahankan loyalitas pelanggan pada usaha jasa pangkas rambutCak Tris di Pasar Senggol Lumajang, (2) Untuk mengetahui dan mendeskripiskan faktor pendukung dan penghambat komunikasi dalam mempertahankan loyalitas pelanggan pada usaha jasa pangkas rambut Cak Tris di Pasar Senggol Lumajang. Dalam penelitian ini peneliti menggunakan pendekatan penelitian kualitatif. Dalam pengumpulan data peneliti menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis yang digunakan adalah analisis deskriptif. Keabsahan data menggunakan triangulasi sumber. Kesimpulan dari penelitian ini adalah : (1) Strategi komunikasi yang digunakan dalam mempertahankan loyalitas pelanggan pada usaha jasa pangkas rambut Cak Tris di Pasar Senggol Lumajang menyampaikan perencanaan strategi komunikasi utamanya melalui komunikasi verbal dan non verbal saat pelayanan sedang berlangsung, sebelum pelayanan dan setelah pelayanan berlangsung sehingga hal tersebut mampu mempertahankan loyalitas pelanggan usaha jasa ini, (2) Antara faktor pendukung dan penghambatnya masih bisa dikatakan normal yakni umpan balik dari faktor pendukung lebih besar daripada umpan balik dari faktor- faktor penghamabat strategi komunikasi. Hal tersebut dibuktikan dengan pangkas rambut Cak Tris masih mampu bertahan dan bersaing sampai saat ini dengan usaha jasa pangkas rambut lainnya.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1505 Marketing > 150506 Marketing Theory |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah |
Depositing User: | Ms Retno Amelia |
Date Deposited: | 09 May 2023 09:10 |
Last Modified: | 09 May 2023 09:10 |
URI: | http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/23282 |
Actions (login required)
View Item |