Wijayanti, Mida (2020) Pengaruh Persepsi Nasabah Tentang Teknologi Informasi dan Fitur Layanan Terhadap Penggunaan Aplikasi Mobile Banking di BRI Syariah Kantor Cabang Banyuwangi. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.
Text
Mida Wijayanti_E20151113.pdf Download (4MB) |
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh adanya faktor yng mempengaruhi nasabah dalam menggunakan aplikasi mobile banking diantaranya adalah persepsi nasabah tentang teknologi informasi dan fitur layanan. Persepsi teknologi informasi adalah persepsi individu bahwa teknologi informasi yang digunakan tidak dibutuhkan usaha yang besar pada saat pengoperasiannya. Fitur layanan merupakan salah satu hal yang penting dalam menarik perhatian nasabah menggunakan suatu produk yang diunggulkan. Mobile banking atau biasa disebut m-banking adalah fasilitas yang disediakan oleh perbankan melalui komunikasi bergerak seperti handphone. Tujuan dari penelitian ini adalah: 1) Untuk menganalisis persepsi nasabah tentang teknologi inormasi terhadap penggunaan aplikasi mobile banking di BRI Syariah Kantor Cabang Banyuwangi. 2) Untuk menganalisis fitur layanan terhadap penggunaan aplikasi mobile banking di BRI Syariah Kantor Cabang Banyuwangi. 3) Untuk menganalisis persepsi nasabah tentang teknologi informasi dan fitur layanan terhadap penggunaan aplikasi mobile banking di BRI Syariah Kantor Cabang Banyuwangi secara simultan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian survei yang dilakukan di BRI Syariah Kantor Cabang Banyuwangi. Populasi meliputi seluruh nasabah bank BRI Syariah Kantor Cabang Banyuwangi yang menggunakan aplikasi mobile banking. Penentuan jumlah sampel menggunakan rumus Purba dalam penelitian Haqiqi di dapat 96 responden dan dibulatkan menjadi 100 responden yang menggunakan aplikasi mobile banking dengan teknik pengumpulan sampel menggunakan teknik purposive sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan angket serta analisis data menggunakan analisis regresi linier berganda. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) Variabel persepsi teknologi informasi diperoleh hasil thitung sebesar 1,939 lebih besar dari ttabel sebesar 1,661. Hal ini menunjukkan bahwa variabel persepsi teknologi informasi berpengaruh positif terhadap penggunaan aplikasi mobile banking. 2) Variabel fitur layanan diperoleh hasil thitung sebesar 4,456 lebih besar dari ttabel sebesar 1,661. Hal ini menunjukkan bahwa variabel fitur layanan berpengaruh positif terhadap penggunaan aplikasi mobile banking. 3) Variabel persepsi teknologi informasi dan fitur layanan secara bersama-sama atau secara simultan berpengaruh terhadap penggunaan aplikasi mobile banking. Kata kunci : persepsi teknologi informasi, fitur layanan, mobile banking
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | 10 TECHNOLOGY > 1099 Other Technology > 109999 Technology not elsewhere classified |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syari'ah |
Depositing User: | Ms Retno Amelia |
Date Deposited: | 10 May 2023 02:21 |
Last Modified: | 10 May 2023 02:21 |
URI: | http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/23324 |
Actions (login required)
View Item |