Manajemen Strategi Kiai Moch Fadholi dalam Memberdayakan Pendidikan Formal di Madrasah Tsanawiyah Nurul Ulum Tegalwangi Umbulsari Jember

Aleksander, Moh Johan (2020) Manajemen Strategi Kiai Moch Fadholi dalam Memberdayakan Pendidikan Formal di Madrasah Tsanawiyah Nurul Ulum Tegalwangi Umbulsari Jember. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Moh. Johan Aleksander_T20153030.pdf

Download (6MB)

Abstract

Manajemen adalah pencapaian tujan-tujuan suatu lembaga secara efektif dan efisien melalui perencanaan, pengelolaan, kepemimpinan, dan pengendalian sumber daya lembaga. Manajemen strategis ini sangat membantu lembaga dalam meraih tujuan yang sudah ditetapkan. Manajemen strategis berfokus kepada proses penetapan tujuan sebuah lembaga, membuat dan mengembangkan kebijakan dan perencanaan untuk mencapai tujuan, serta mengalokasikan sumber daya untuk menerapkan kebijakan dan merencanakan pencapaian tujuan organisasi. Penerapan strategi yang baik dan tepat sasaran sangat dibutuhkan untuk kegiatan apapun, terutama dalam menjalankan bisnis. Strategi yang tepat dan disusun secara terorganisir akan membuat sebuah organisasi dapat lebih mudah melaksanakan misi untuk mencapai visi. Berdasarkan latar belakang tersebut, Fokus penelitian dalam penelitian ini adalah: (1) Bagaimana Perencanaan Manajemen Strategi Kiai Moch Fadholi dalam Memberdayakan Pendidikan Formal di Madrasah Tsanawiyah Nurul Ulum Tegalwangi Umbulsari Jember? (2) Bagaimana Pelaksanaan Manajemen Strategi Kiai Moch Fadholi dalam Memberdayakan Pendidikan Formal di Madrasah Tsanawiyah Nurul Ulum Tegalwangi Umbulsari Jember? (3) Bagaimana Evaluasi Manajemen Strategi Kiai Moch Fadholi dalam Memberdayakan Pendidikan Formal di Madrasah Tsanawiyah Nurul Ulum Tegalwangi Umbulsari Jember? Untuk mengidentifikasi fokus penelitian ini, peneliti menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitiannya yaitu penelitian lapangan. Adapun pengumpulan datanya menggunakan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Penentuan subjek penelitiannya menggunakan teknik purposive. Analisis datanya yaitu analisis data sebelum dilapangan dan analisis data di lapangan. Sedangkan keabsahan datanya menggunakan triangulasi teknik dan triangulasi sumber. Hasil dari penelitian ini memperoleh kesimpulan yaitu pertama perencanaan strateginya Kiai Fadholi terlebih dahulu menentukan visi misi serta tujuan yang ingin dicapai, melakukan kerjasama dengan berbagai kalangan yaitu bekerjasama dengan pengurus lembaga, masyarakat sekitar, wali santri dan lembaga lain kedua pelaksanaannya yaitu dengan cara memotivasi para tenaga pendidik, Memakai kurikulum yang berlaku, memberlakukan SPP gratis, membagi jobdisk setiap guru, meningkatkan kedisiplinan siswa, meningkatkan kreativitas siswa, meningkatkan prestasi siswa, serta melakukan promosi. ketiga evaluasinya terdapat dua tahapan yaitu dilaksanakan ketika pelaksanaan berjalan dan untuk evaluasi yang kedua yaitu dilaksanakan di akhir semester.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1505 Marketing > 150506 Marketing Theory
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Ms Retno Amelia
Date Deposited: 10 May 2023 07:07
Last Modified: 10 May 2023 07:07
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/23366

Actions (login required)

View Item View Item