Analisis Pengaruh Pemberian Merek Dan Promosi Produk Hijab Indkreat Kopma IAIN Jember Terhadap Minat Beli Konsumen Di IAIN Jember.

Ridwan, Mohammad (2020) Analisis Pengaruh Pemberian Merek Dan Promosi Produk Hijab Indkreat Kopma IAIN Jember Terhadap Minat Beli Konsumen Di IAIN Jember. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Mohammad Ridwan_083 134 061.pdf

Download (4MB)

Abstract

Perkembangan hijabdi Indonesia dalam beberapa tahun terakhir mengalami peningkatan yang luar biasa. Minat masyarakat akan hijabsemakin hari semakin meningkat seiring dengan meningkatnya minat para desainer pakaian muslim dalam mendesain pakaian muslim yang modern. Sebagai negara Dengan penduduk muslim terbesar di dunia, menjadikan indrusti ini sangatlah potensiap dan menguntungkan. Namun industri ini juga menghadirkan persaingan yang besar antar pelakunya. Merek adalah tanda yang berupa gambar, nama, kata, huruf-huruf, angka-angka susunan warna, atau kombinasi dari unsur-unsur tersebut yang memiliki daya pembeda dan digunkan dalam kegiatan perdagangan barang atau jasa. Sedangkan promosi adalah sejenis komunikasi yang memberi penjelasan yang meyakinkan calon konsumen tentang barang dan jasa.Merek dan promosi merupakan dua hal yang penting dalam hal pemasaran khususnya dalam industri hijab. Rumusan masalah dari penelitian ini adalah: (1) Adakah pengaruh pemberian merek dan promosi hijab IndKreat KOPMA IAIN Jember secara parsial terhadap minat beli konsumen di IAIN Jember ? (2) Adakah pengaruh pengaruh pemberian merek dan promosi hijab IndKreat KOPMA IAIN Jember secara simultan terhadap minat beli konsumen di IAIN Jember ? Tujuan dari penelitian ini adalah: (1) Untuk mendeskripsikan pengaruh pemberian merek dan promosi hijab Indkreat KOPMA IAIN Jember secara parsial terhadap minat beli konsumen di IAIN Jember. (2) Untuk mendeskripsikan pengaruh pemberian merek dan promosi hijab Indkreat KOPMA IAIN Jember secara simultan terhadap minat beli konsumen di IAIN Jember Metode dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis field research. Metode analisis yang di gunakan adalah statistik deskri, uji validitas, uji reliabilitas, uji asumsi klasik, analisis regresi berganda, uji koefisien determinas (R square). Berdasarkan hasil pengujian merek dengan hasil perhitungan SPSS, dimana nilai t hitung yang dihasilkan sebesar 2,301 dan t tabel yakni 1,981. Berdasarkan analisis dan interpretasi di atas dapat dikatakan bahwa pemberian merek secara parsial berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat beli konsumen Promosi berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat beli konsumen. Hal tersebut terbukti dengan hasil perhitungan SPSS, dimana nilai t hitung yang dihasilkan sebesar 4,039 > t tabel yakni 1,981. Berdasarkan analisis dan interpretasi di atas dapat dikatakan bahwa promosi berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat beli konsumen. Sedangkan simultan (bersama-sama) yang menunjukkan bahwa nilai F hitung yang dihasilkan adalah lebih besar dari F tabel, Maka untuk F hitung > F tabel yaitu 16,032 > 3,08 hal ini menunjukkan Ho ditolak, jadi secara simultan ada pengaruh pemberian merek dan promosi terhadap minat beli konsumen produk Hijab Indkreat KOPMA IAIN Jember di IAIN Jember. Hal tersebut dapat disimpulkan bahwa variabel Merek dan Promosi berpengaruh signifikan terhadap Minat Beli Konsumen Produk Hijab Indkreat KOPMA IAIN Jember di IAIN Jember.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1505 Marketing > 150506 Marketing Theory
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Ms Retno Amelia
Date Deposited: 11 May 2023 04:04
Last Modified: 11 May 2023 04:04
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/23394

Actions (login required)

View Item View Item