ANALISIS STRATEGI MARKETING MIX ISLAM TERHADAP KEPUASAN DAN LOYALITAS KONSUMEN PADA TOKO AL-IKHWAN DI KABUPATEN LUMAJANG.

Sholehuddin, Mohammad (2021) ANALISIS STRATEGI MARKETING MIX ISLAM TERHADAP KEPUASAN DAN LOYALITAS KONSUMEN PADA TOKO AL-IKHWAN DI KABUPATEN LUMAJANG. Masters thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Mohammad Sholehuddin_0839218027.pdf

Download (24MB)

Abstract

Kata Kunci: Strategi Marketing Mix Islam. Kepuasan. Loyalitas Konsumen. Kehidupan manusia tak lepas dari kegiatan ekonomi, hal ini tak bisa terpisahkan karena dari sifat manusia yang saling membutuhkan. Dalam perkembangan perekonomian, transaksi jual beli semakin kompleks sehingga banyak lahir ilmu-ilmu yang berkaitan dengan transaksi ekonomi salah satunya yaitu ilmu marketing. Dalam ilmu marketing tujuan utama perusahaan atau produsen adalah menciptakan pelanggan. Dalam hal ini perlu diyakini bahwa pelanggan akan memperkirakan tawaran mana yang akan memberikan nilai paling besar. Kemampuan atau kegagalan suatu tawaran pemasaran akan berdampak terakiat kepuasan pelanggan dan akhirnya berdampak juga terhadap loyalitas pelanggan, untuk itu setiap perusahaan harus memberlakukan pelanggan dengan sebaik-baiknya. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis strategi marketing mix Islam dalam menciptakan kepuasan konsumen di Toko Al-Ikhwan Kabupaten Lumajang dan menganalisis implementasi marketing mix Islam dalam menciptakan loyalitas konsumen di Toko Al-Ikhwan Kabupaten Lumajang. Penulisan penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Paparan/temuan data dan pembahasan penelitian disajikan pada bab keempat dan kelima. Dalam penelitian ini penulis menggunakan metode interview, observasi, dan domentasi data yang relevan dan valid. Hasil dari penelitian ini adalah: 1. strategi marketing mix Islam dalam menciptakan kepuasan konsumen di Toko Al-Ikhwan Kabupaten Lumajang, a) Produc (Produk) harus mutlak halal. b) Price (Harga) Pengambilan Keuntungan yang Wajar dan Larangan Melakukan ghabn (membeli dengan harga tinggi). c) Place (Tempat) Pemilihan Lokasi Usaha yang Strategis. d) Promotion (Promosi) Mengedepankan Prinsip Akhlak. 2. Implementasi marketing mix Islam dalam menciptakan loyalitas konsumen di Toko Al-Ikhwan Kabupaten Lumajang, a) Produc (Produk) Produk Harus Mengandung Kemaslahatan. b) Price (Harga) Larangan dalam persaingan harga antara penjual. c) Place (Tempat) Larangan Penimbunan (Ihtikar). d) Promotion (Promosi) Larangan melakukan penipuan ( tadlis ).

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1505 Marketing > 150506 Marketing Theory
Divisions: Program Magister > Ekonomi Syariah
Depositing User: Ms Retno Amelia
Date Deposited: 11 May 2023 04:04
Last Modified: 11 May 2023 04:04
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/23395

Actions (login required)

View Item View Item