Solihin, . (2023) Pengembangan media pembelajaran e-katalog pada mata pelajaran IPS materi keragaman etnik dan budaya di kelas VII MTs Negeri 1 Jember tahun pelajaran 2022/2023. Undergraduate thesis, UIN Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.
Text
SOLIHIN_T20199055-1.pdf Download (5MB) |
Abstract
Minimnya penggunaan media pembelajaran yang bervariatif dan kurangnya inovasi guru dalam mengembangkan media pembelajaran IPS menjadi masalah terhadap siswa dalam proses pembelajaran. Hal tersebut membuat siswa merasa bosan dan kurangnya literatur tambahan selain buku LKS. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan media pembelajaran berupa e-katalog berbasis website yang layak digunakan dalam pembelajaran dan dapat menambah literatur siswa selain buku Lembar Kerja Siswa (LKS).
Tujuan penelitian ini adalah; 1) Untuk mengetahui kevalidan media pembelajaran e-katalog pada mata pelajaran IPS materi Keragaman Etnik dan Budaya di Kelas VII MTs Negeri 1 Jember Tahun Pelajaran 2022/2023, 2) Untuk mengetahui efektivitas penggunaan media pembelajaran e-katalog pada mata pelajaran IPS materi Keragaman Etnik dan Budaya di Kelas VII MTs Negeri 1 Jember Tahun Pelajaran 2022/2023, 3) Untuk menguji kepraktisan penggunaan media pembelajaran e-katalog pada mata pelajaran IPS materi Keragaman Etnik dan Budaya di Kelas VII MTs Negeri 1 Jember Tahun Pelajaran 2022/2023
Jenis penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan (R&D) dengan menggunakan model ADDIE. Subjek penelitian terdiri dari 10 siswa untuk kelompok kecil dan 28 siswa untuk kelompok besar. Instrumen penelitian ini terdiri dari lembar validasi, angket respon guru dan peserta didik, wawancara dan tes.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) Tingkat kevalidan media pembelajaran yang dikembangkan masuk pada kategori valid dengan nilai rata-rata keseluruhan ketiga validator sebesar 84% . Adapun rincian nilai dari masing-masing validasi ahli adalah ahli materi IPS memperoleh nilai sebesar 77,14% masuk kategori valid, ahli media memperoleh nilai sebesar 87,27% dengan kategori sangat valid, ahli bahasa memperoleh nilai sebesar 88,57% dengan kategori sangat valid. 2) Kepraktisan media diperoleh dari angket respon siswa memperoleh nilai sebesar 94,2% dengan kategori sangat praktis dan angket respon guru memperoleh nilai sebesar 93,7% dengan kategori sangat praktis . 3) Uji keefektifan media pembelajaran e-katalog diketahui dari ketuntasan hasil belajar siswa secara klasikal melalui pretest dan post-test. Pada tahap pretest hasil belajar siswa memperoleh skor sebesar 42% dengan kategori tidak tuntas. Setelah dilakukan penjelasan materi menggunakan media pembelajaran e-katalog, hasil belajar siswa mengalami peningkatan secara signifikan dengan perolehan nilai sebesar 89%, masuk kategori sangat tuntas.
Kata Kunci:pengembangan, media pembelajaran e-Katalog, keragaman etnik dan budaya
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130212 Science, Technology and Engineering Curriculum and Pedagogy |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial |
Depositing User: | Solihin . |
Date Deposited: | 16 May 2023 02:50 |
Last Modified: | 16 May 2023 02:50 |
URI: | http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/23510 |
Actions (login required)
View Item |