Influencer Marketing, Endorsement Artis, Brand Image, Labelisasi dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Produk Nacific Pada Komunitas K-Pop di Jember

Pratama, Putranta Dio (2021) Influencer Marketing, Endorsement Artis, Brand Image, Labelisasi dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Produk Nacific Pada Komunitas K-Pop di Jember. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Putranta Dio Pratama_E20172226.pdf

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh adanya tren baru digital marketing seperti influencer marketing dan endorsement artis khususnya di platform media sosial youtube yang menjadikan fenomena tersebut mampu mempengaruhi konsumen dalam berpikir bahkan dalam pembelian. Persaingan dalam industri kecantikan kini mengalami peningkatan sehingga memerlukan inovasi untuk tetap bertahan dalam persaingan yang ada. Oleh karena itu, brand Nacific melakukan strategi pemasaran dengan menggandeng influencer sebagai sosok endorser. Selain pemasarannya yang menggandeng influencer, untuk mempengaruhi konsumen dalam pembelian produk Nacific, tentu label halal dan kualitas produk juga merupakan hal yang dipertimbangkan konsumen sebelum memutuskan untuk membeli produk Nacific. Namun, beraneka ragam tipologi seseorang sebelum menentukan keputusan pembelian. Ini merupakan hasil penelitian kuantitatif yang menjawab pertanyaan Apakah influencer marketing, endorsement artis, brand image, labelisasi dan kualitas produk berpengaruh signifikan secara parsial terhadap keputusan pembelian produk Nacific pada komunitas K-Pop di Jember? Apakah influencer marketing, endorsement artis, brand image, labelisasi dan kualitas produk berpengaruh signifikan secara simultan terhadap keputusan pembelian produk Nacific pada komunitas K-Pop di Jember?. Jenis penelitian yang di gunakan adalah penelitian kuantitatif deskriptif. Populasi dalam penelitian ini adalah Komunitas K-Pop di Jember dengan jumlah sample 160 orang. Teknik pengumpulan data menyebarkan kuesioner kepada responden. Data yang diperoleh melalui penyebaran dan pengisian angket penelitian. Analisis data yang digunakan adalah uji statistik deskriptif, uji instrumen penelitian, uji asumsi klasik, uji hipotesis, uji koefisien determinasi (R2) dan analisis regresi linier berganda. Dari hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa variabel influencer marketing, labelisasi dan kualitas produk secara parsial berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian. Sedangkan variabel endorsement artis dan brand image secara parsial tidak berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian. Sedangkan secara simultan influencer marketing, endorsement artis, brand image, labelisasi dan kualitas produk berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian produk Nacific pada Komunitas K-Pop di Jember. Kata kunci: Influencer Marketing, Endorsement Artis, Brand Image, Labelisasi, Kualitas Produk Dan Keputusan Pembelian.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1505 Marketing > 150506 Marketing Theory
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Ms Retno Amelia
Date Deposited: 22 May 2023 02:39
Last Modified: 22 May 2023 02:39
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/23657

Actions (login required)

View Item View Item