Pengaruh Adaptabilitas Pemasaran dan Positioning Terhadap Keputusan Pengambilan Produk Pembiayaan Pada BMT UGT Sidogiri Capem Rambipuji

Fadillah, Putri Mega (2020) Pengaruh Adaptabilitas Pemasaran dan Positioning Terhadap Keputusan Pengambilan Produk Pembiayaan Pada BMT UGT Sidogiri Capem Rambipuji. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Putri Mega Fadillah_E20161099.pdf

Download (1MB)

Abstract

Sebelum memasarkan produknya, BMT harus mengenal atau beradaptasi. Adaptasi merupakan langkah pertama dalam memasarkan produknya, artinya jika diterima dengan baik maka kelangsungan memasarkan produknya lebih mudah. Kemudian dalam memasarkan produknya melalui strategi positioning BMT UGT Sidogiri menerapkan produk pembiayaan dengan nisbah bagi hasil yang tidak langsung ditentukan tergantung pada akad yang diambil serta penggunaan uang tersebut atau digunakan untuk usaha apa. Rumusan masalah yang diteliti dalam skripsi ini adalah: (1) Apakah adaptabilitas pemasaran dan positioning berpengaruh secara parsial terhadap keputusan pengambilan produk pembiayaan? (2) Apakah adaptabilitas pemasaran dan positioning berpengaruh secara simultan terhadap keputusan pengambilan produk pembiayaan? Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Mengetahui pengaruh secara parsial adaptabilitas pemasaran dan positioning terhadap keputusan pengambilan produk pembiayaan (2) Mengetahui pengaruh secara simultan adaptabilitas pemasaran dan positioning terhadap keputusan pengambilan produk pembiayaan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Dalam pengambilan sampel menggunakan random sampling. Teknik dan instrumen menggunakan data kuantitatif berupa data primer melalui kuesioner. Hasil penelitian ini adalah (1) Berdasarkan hasil uji t nilai signfikansi variabel adaptabilitas pemasaran lebih besar dari 0,05 (0,129 > 0,05), maka tidak ada pengaruh adaptabilitas pemasaran terhadap keputusan pengambilan produk pembiayaan. Artinya cara berinteraksi dengan nasabah tidak diterima. Nilai signifikansi variabel positioning lebih kecil dari 0,05 (0,000 < 0,05), maka ada pengaruh positioning terhadap keputusan pengambilan produk pembiayaan. Artinya positioning dilakukan dengan baik kepada nasabah. (2) Berdasarkan uji f nilai signifikansi 0,000 lebih kecil dari 0,05 (0,000 < 0,05), maka ada pengaruh secara simultan adaptabilitas pemasaran dan positioning terhadap keputusan pengambilan produk pembiayaan. Artinya dengan mengkolaborasikan 2 variabel independen dapat meningkatkan keputusan pengambilan produk pembiayaan. Kata Kunci: Adaptabilitas Pemasaran, Positioning, dan Keputusan Pengambilan Produk Pembiayaaan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1505 Marketing > 150506 Marketing Theory
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syari'ah
Depositing User: Ms Retno Amelia
Date Deposited: 22 May 2023 02:38
Last Modified: 22 May 2023 02:38
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/23660

Actions (login required)

View Item View Item