Pengaruh Strategi Pembelajaran Active Knowledge Sharing Berbantuan Artikel Ilmiah Populer Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Sistem Sirkulasi Darah Kelas XI MIPA di SMA Negeri Rambipuji Tahun Pelajaran 2022/2023

Niati, Khulusun (2023) Pengaruh Strategi Pembelajaran Active Knowledge Sharing Berbantuan Artikel Ilmiah Populer Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Sistem Sirkulasi Darah Kelas XI MIPA di SMA Negeri Rambipuji Tahun Pelajaran 2022/2023. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Khulusun Niati_T20188080.pdf

Download (18MB)

Abstract

Khulusun Niati, 2023: Pengaruh Strategi Pembelajaran Active Knowledge Sharing Berbantuan Artikel Ilmiah Populer terhadap Hasil Belajar Siswa pada Materi Sistem Sirkulasi Darah Kelas XI MIPA di SMA Negeri Rambipuji Tahun Pelajaran 2022/2023
Kata Kunci: Strategi pembelajaran, Active Knowledge Sharing, Artikel Ilmiah Populer, Hasil Belajar
Pembelajaran biologi di SMA Negeri Rambipuji sudah menggunakan pembelajaran aktif, siswa dituntut untuk membaca dan memahami kemudian bertanya, namun masih banyak siswa yang cenderung pasif karena malu bertanya atau tidak paham dengan materi sistem sirkulasi. Hal ini tentu saja berpengaruh pada hasil belajar siswa SMA Negeri Rambipuji. Penggunaan strategi pembelajaran yang tepat dapat menciptakan suasana pembelajaran yang menarik sehingga dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Strategi pembelajaran Active Knowledge Sharing merupakan strategi yang dapat mengaktifkan siswa dan memperluas wawasan siswa dengan saling berbagi ilmu pengetahuan serta menumbuhakan sikap sosial, solidaritas, juga sistem belajar individu atau kelompok. Artikel ilmiah populer merupakan salah satu media pembelajaran yang dapat dipadukan dengan Starategi Active Knowledge Sharing. Artikel ilmiah populer dapat membantu proses pembelajaran sebagai dasar untuk menjawab pertanyan yang telah diberikan.
Tujuan penelitian ini adalah: 1) Mendeskripsikan hasil belajar siswa sebelum dan setelah diterapkan strategi pembelajaran Active Knowledge Sharing berbantuan artikel ilmiah populer pada materi sistem sirkulasi darah kelas XI MIPA di SMA Negeri Rambipuji Tahun Pelajaran 2022/2023. 2) Mengetahui pengaruh strategi pembelajaran Active Knowledge Sharing berbantuan artikel ilmiah populer pada materi sistem sirkulasi darah kelas XI MIPA di SMA Negeri Rambipuji Tahun Pelajaran 2022/2023.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian Quasi Experiment Design serta bentuk penelitian Nonequivalent Group Prettest Posttest Design. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling terdiri dari kelas XI MIPA 3 sebagai kelas eksperimen dan XI MIPA 2 sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data menggunakan tes berupa pretest dan posttest. Teknik analisis data yang digunakan adalah statistik parametrik dengan uji Independent sample t-test.
Berdasarkan hasil penelitian, 1) Rerata hasil belajar pretest siswa kelas eksperimen 39,29 dan rerata hasil belajar pretest siswa kelas kontrol 37,96. Dari data tersebut diketahui bahwa tingkat kognitif siswa kelas eksperimen dan kelas kontrol sama. Sedangkan kelas eksperimen setelah diberikan strategi pembelajaran Active Knowlege Sharing berbantuan artikel ilmiah populer memiliki rerata 80,81 dan kelas kontrol setelah diberikan strategi pembelajaran Direct Instruction memiliki rerata 58,16. Dari data tersebut hasil belajar kelas eksperimen mengalami peningkatan dibandingkan kelas kontrol. 2) Hasil uji Independent sample t-test untuk nilai Pretest memiliki nilai signifikansi 0,671>0,05 yang mana H0 diterima dan Ha ditolak, sedangkan untuk nilai Posttest memiliki nilai signifikansi 0,000<0,05 yang menunjukan H0 ditolak dan Ha diterima. Dengan demikian, terdapat pengaruh strategi pembelajaran Active Knowlege Sharing berbantuan artikel ilmiah populer tehadap hasil belajar siswa pada materi sistem sirkulasi darah kelas XI MIPA di SMA Negeri Rambipuji.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 06 BIOLOGICAL SCIENCES > 0603 Evolutionary Biology > 060305 Evolution of Developmental Systems
06 BIOLOGICAL SCIENCES > 0699 Other Biological Sciences > 069902 Global Change Biology
06 BIOLOGICAL SCIENCES > 0699 Other Biological Sciences > 069999 Biological Sciences not elsewhere classified
Depositing User: Ms Khulusun Niati
Date Deposited: 22 May 2023 04:30
Last Modified: 22 May 2023 04:30
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/23672

Actions (login required)

View Item View Item