Perspektif Sadd Adz-Dzariah terhadap Transaksi Jual Beli Handphone Bekas di Counter Pinky Cell Kecamatan Sumbersari Jember

Nazila, Roudhotun (2021) Perspektif Sadd Adz-Dzariah terhadap Transaksi Jual Beli Handphone Bekas di Counter Pinky Cell Kecamatan Sumbersari Jember. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Roudhotun Nazila_S20172086.pdf

Download (3MB)

Abstract

Kata Kunci: Perspektif Sadd Adz-Dzariah, Transaksi Jual Beli, Handphone Bekas. Transaksi jual beli Handphone bekas di Counter Pinky Cell terjadi seperti transaksi pada umumnya. Namun dalam pelaksanaannya, kondisi plus minus pada Handphone yang diperjual belikan tidak sepenuhnya dijelaskan. Pembeli menemukan cacat pada Handphone setelah barang tersebut dibeli. Maka dalam hal analisis Sadd Adz-Dzariah pada permasalahannya ini harus dicegah atau tidak dilakukan kembali. Hal ini untuk menghindari rasa kecewa bagi pembeli yang tidak tahu banyak tentang kualitas Handphone bekas yang cacat dan penjual yang mengingkari masa garansi. Fokus penelitian dalam skripsi ini adalah: 1) Bagaimana pelaksanaan transaksi jual beli Handphone bekas di Counter Pinky Cell. 2) bagaimana pelaksanaan transparansi dalam transaksi jual beli Handphone bekas di Counter Pinky Cell. 3) bagaimana tanggung jawab pelaku usaha di Counter Pinky Cell jika pembeli kecewa. Tujuan penelitian ini adalah 1) untuk mengetahui pelaksanaan transaksi jual beli di Counter Pinky Cell. 2) untuk mengetahui dan menganalisis pelaksanaan transparansi dalam transaksi jual beli handphone bekas di Counter Pinky Cell. 3) untuk mengetahui dan mendeskripsikan tanggung jawab pelaku usaha di Counter Pinky Cell jika pembeli kecewa. Jenis dan pendekatan penelitian ini adalah pendekatan yuridis empiris atau disebut dengan penelitian lapangan (field research). Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi.Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan deskriptif-kualitatif. Peneliti menguji keabsahan data menggunakan triangulasi. Hasil dalam penelitian ini adalah: 1) Pelaksanaan transaksi jual beli di Counter Pinky Cell dalam hal akad telah sah. Akad dilaksanakan dalam bentuk lisan, baik itu mengenai harga sampai persyaratannya. 2) untuk masalah yang terjadi penelitian ini bahwa penjual tidak menjelaskan secara keseluruhan tentang kondisi dan kualitas yang ada pada handphone bekas yang dijualnya. Maka proses jual beli yang dilakukan tidak sah dan tidak boleh dilakukan. Bahwa rukun dan syarat tidak terpenuhi secara utuh, maka jual beli yang telah dilakukan hukumnya menjadi batal. 3) Dari beberapa akibat yang telah di alami oleh pembeli menyatakan bahwa pembeli merasa kecewa setelah membeli Handphone bekas di Counter Pinky Cell. Tanggung jawab dari pelaku usaha adalah menawarkan perbaikan dengan syarat menambah biaya. Maka dalam hal analisis Sadd Adz-Dzariah pada permasalahannya ini harus dicegah atau tidak dilakukan kembali.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1505 Marketing > 150506 Marketing Theory
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Ms Retno Amelia
Date Deposited: 22 May 2023 07:24
Last Modified: 22 May 2023 07:24
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/23713

Actions (login required)

View Item View Item