Strategi Bersaing Pengusaha Mebel Di Desa Pejaten Kecamatan Bondowoso Kabupaten Bondowoso Dalam Perspektif Etika Bisnis Islam.

Surif, Mr (2020) Strategi Bersaing Pengusaha Mebel Di Desa Pejaten Kecamatan Bondowoso Kabupaten Bondowoso Dalam Perspektif Etika Bisnis Islam. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Mr. Surif_E20152131.pdf

Download (1MB)

Abstract

Di era globalisasi seperti sekarang ini, perkembangan dunia begitu pesat, seiring dengan berkembang dan meningkatnya kebutuhan manusia akan sandang, pangan dan teknologi. Kebutuhan tersebut meningkat sebagai akibat jumlah penduduk yang setiap tahun terus bertambah, sehingga menimbulkan persaingan bisnis makin tinggi. Dalam berbisnis manusia sebagai makhluk yang tidak lepas dari perbuatan dosa dan salah yang memiliki banyak kekurangan dalam melakukan Etika yang baik, untuk itu diperlukannya sebuah pedoman yang berupa etika bagaimana cara berbisnis yang baik dan benar. Fokus Penelitian dalam penelitian ini adalah: 1) Bagaimana strategi bersaing pengusaha mebel di Desa Pejaten, Kecamatan Bondowoso, Kabupaten Bondowoso? 2) Bagaimana pandangan etika bisnis Islam terhadap strategi bersaing pengusaha mebel di Desa Pejaten, Kecamatan Bondowoso, Kabupaten Bondowoso? Untuk mengidentifikasi permasalah tersebut, pendekatan penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif, karena dalam penelitian ini nantinya akan menghasilkan data yang bersifat deskriptif mengenai Strategi Bersaing Pengusaha Mebel Di Desa Pejaten Kecamatan Bondowoso Kabupaten Bondowoso Dalam Perspektif Etika Bisnis Islam. Adapun teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Penelitian ini memperoleh kesimpulan: 1) Strategi biaya rendah dengan mengganti jenis kayu Gamelina dan membebankan sebagian biaya pengiriman pada konsumen, Differensiasi melalui inovasi produk dan pelayanan, dan strategi focus dengan hanya memproduksi lemari. 2) strategi bersaing yang diterapkan oleh pengusaha mebel ada yang sesuai dengan etika bisnis Islam dan ada juga yang tidak sesuai dengan etika bisnis Islam. Kata kunci: Strategi bersaing, Etika bisnis Islam

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1505 Marketing > 150506 Marketing Theory
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Ms Retno Amelia
Date Deposited: 23 May 2023 01:29
Last Modified: 23 May 2023 01:29
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/23731

Actions (login required)

View Item View Item