PENGARUH SELF CONTROL DAN SELF CONCEPT TERHADAP HASIL BELAJAR BIOLOGI SISWA KELAS X MIPA DI MAN 1 JEMBER TAHUN PELAJARAN 2022/2023

Zaqiyah, Dwi Amiliatuz (2023) PENGARUH SELF CONTROL DAN SELF CONCEPT TERHADAP HASIL BELAJAR BIOLOGI SISWA KELAS X MIPA DI MAN 1 JEMBER TAHUN PELAJARAN 2022/2023. Undergraduate thesis, UIN Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Skripsi DWI AMILIATUZ ZAQIYAH WATERMARK.pdf

Download (11MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh muncul sebuah persaingan dari berbagai aspek kehidupan, salah satunya adalah pendidikan. Pendidikan memegang peranan penting dalam mempersiapkan sumber daya manusia yang berkualitas dan kuantitas. Berhasil atau tidaknya seorang anak dalam pendidikan tergantung pada proses yang dialami oleh anak tersebut. Setiap kegiatan belajar menghasilkan suatu hasil belajar yang dapat diukur melalui aspek kognitif, afektif dan psikomotorik. Terdapat dua faktor yang mempengaruhi hasil belajar adalah faktor internal berupa aspek psikologis yakni self control dan self concept serta faktor eksternal.
Penelitian ini bertujuan untuk 1) untuk mendeskripsikan self control siswa kelas X MIPA di MAN 1 Jember tahun pelajaran 2022/2023. 2) untuk mendeskripsikan self concept siswa kelas X MIPA di MAN 1 Jember tahun pelajaran 2022/2023. 3) untuk mendeskripsikan hasil belajar biologi siswa kelas X MIPA di MAN 1 Jember tahun pelajaran 2022/2023. 4) untuk mengetahui pengaruh self control dan self concept secara bersama-sama terhadap hasil belajar biologi siswa kelas X MIPA di MAN 1 Jember tahun pelajaran 2022/2023. 5) untuk mengetahui pengaruh self control dan self concept secara individu terhadap hasil belajar biologi siswa kelas X MIPA di MAN 1 Jember tahun pelajaran 2022/2023.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian asosiatif yang dilakukan di MAN 1 Jember. Populasi meliputi seluruh siswa kelas X MIPA yang berjumlah 194 siswa. teknik sampling yang digunakan yaitu cluster random sampling sehingga diambil sampel sebanyak 5 kelas yang berjumlah 160 siswa. teknik pengumpulan data menggunakan angket dan dokumentasi serta analisis data menggunakan regresi linear berganda dengan uji prasyarat yaitu uji normalitas, uji koliniaritas, uji heteroskedastisitas dan uji autokorelasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Self control siswa kelas X MIPA di MAN 1 Jember dengan kategori sangat tinggi sebanyak 23 siswa dengan presentase 14%, kategori tinggi sebanyak 118 siswa dengan presentase 74% dan kategori sedang sebanyak 19 siswa dengan presentase 12%. 2) Self concept siswa kelas X MIPA di MAN 1 Jember dengan kategori tinggi sebanyak 112 siswa dengan presentase 70% dan kategori sedang sebanyak 48 siswa dengan presentase 30%. 3) Hasil belajar siswa kelas X MIPA di MAN 1 Jember dengan kategori sangat tinggi sebanyak 99 siswa dengan presentase 62% dan kategori tinggi sebanyak 38 siswa dengan presentase 38%. 4) Terdapat pengaruh yang signifikan self control dan self concept secara bersama-sama terhadap hasil belajar biologi siswa kelas X MIPA di MAN 1 Jember tahun pelajaran 2022/2023. 5) Terdapat pengaruh yang signifikan self control dan self concept secara individu terhadap hasil belajar biologi siswa kelas X MIPA di MAN 1 Jember tahun pelajaran 2022/2023.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130106 Secondary Education
17 PSYCHOLOGY AND COGNITIVE SCIENCES > 1701 Psychology > 170101 Biological Psychology (Neuropsychology, Psychopharmacology, Physiological Psychology)
17 PSYCHOLOGY AND COGNITIVE SCIENCES > 1701 Psychology > 170103 Educational Psychology
17 PSYCHOLOGY AND COGNITIVE SCIENCES > 1799 Other Psychology and Cognitive Sciences > 179999 Psychology and Cognitive Sciences not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Biologi
Depositing User: Dwi Amiliatuz Zaqiyah
Date Deposited: 26 May 2023 08:16
Last Modified: 26 May 2023 08:16
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/23839

Actions (login required)

View Item View Item