Analisis Competitive Advantage Produk MSI dengan Multi Level Marketing di Kabupaten Jember.

Alisyah, Siti (2020) Analisis Competitive Advantage Produk MSI dengan Multi Level Marketing di Kabupaten Jember. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Siti AIisyah_E20162053.pdf

Download (1MB)

Abstract

Multi Level Marketing adalah sebuah sistem pemasaran modern melalui jaringan distribusi yang dibangun permanen dengan memposisikan pelanggan perusahaan sekaligus tenaga pemasaran. Competitive advantage adalah kemampuan suatu perusahaan untuk menawarkan suatu barang dan jasa yang bernilai lebih dimata konsumen. Dengan demikian, keunggulan bersaing ini tergambar dari kemampuan perusahaan untuk mengalahkan pesaing pasar. Fokus penelitian pada skripsi ini adalah: (1) Bagaimana competitive advantage produk MSI di Kabupaten Jember?. (2) Bagaimana Multi Level Marketing pada produk MSI di Kabupaten Jember?. (3) Bagaimana faktor-faktor yang mendukung competitive advantage produk MSI dengan Multi Level Marketing di Kabupaten Jember?. Penelitian ini bertujuan: (1) Mengetahui dan mendeskripsikan competitive advantage produk MSI di Kabupaten Jember. (2) Mengetahui dan mendeskripsikan Multi Level Marketing pada produk MSI di Kabupaten Jember. (3) Mengetahui dan mendeskripsikan faktor-faktor yang mendukung competitive advantage produk MSI dengan Multi Level Marketing di Kabupaten Jember. Metode penelitian dalam skripsi ini menggunakan pendekatan kualitatif. Dalam penentuan subyek penelitian menggunakan teknik purposive. Sedangkan metode pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Metode analisis data menggunakan teknik analisis deskriptif. Sedangkan teknik keabsahan data menggunakan triangulasi sumber. Kesimpulan dari penelitian ini adalah: (1) Biaya produksi yang tidak dapat diketahui oleh member akan tetapi berimbas pada harga produk yang relatif murah dengan bahan herbal yang berkualitas, tampilan kemasan yang menarik dengan menyertakan unsur seperti logo halal, tanggal expired dan BPOM. Terdapat 21 macam produk yang ditawarkan. (2) Dengan membeli satu paket produk seharga Rp.425.000,-. akan mendapatkan satu ID dan akan begitu pula pada pembelian kedua maupun ke tiga, sehingga membentuk segitiga. Tidak ada uang pendaftaran, akun dan bonus dapat diwariskan. Member dengan leluasa bekerja dan menjual produknya melalui media sosial tanpa harus datang ke kantor dan menjadi sangat flexible bagi member yang mempunyai pekerjaan utama. Selain itu, Member tidak membutuhkan pengalaman dan keahlian khusus dibidang akademis.(3) memperkenalkan produk melalui media sosial. Hal tersebut juga akan menjadi keunggulan karena berkurangnya biaya iklan, cukup dengan menggerakan member agar mempromosikan produk tersebut. Kedekatan pelanggan yaitu perusahaan yang menjalankan strategi penjualan langsung dimana loyalitas member sangat berpengaruh terhadap tumbuh kembangnya perusahaan. Kata kunci: Competitive Advantage. MLM, Produk MSI.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1505 Marketing > 150506 Marketing Theory
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Ms Retno Amelia
Date Deposited: 29 May 2023 05:08
Last Modified: 29 May 2023 05:08
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/23865

Actions (login required)

View Item View Item