Strategi Zakat Advisor Dalam Mengembangkan Manajemen Marketing ZIS Pada lembaga Amil Zakat Nasional (LAZNAS) Nurul Hayat Jember.

Wulandari, Ms (2021) Strategi Zakat Advisor Dalam Mengembangkan Manajemen Marketing ZIS Pada lembaga Amil Zakat Nasional (LAZNAS) Nurul Hayat Jember. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Ms. Wulandari_E20174012.pdf

Download (8MB)

Abstract

Di LAZNAS Nurul Hayat Jember terdapat dua bidang Fundraising dan Zakat Advisor. Namun Zakat Advisor lebih dominan berperan dalam mengembangkan manajemen marketing ZIS. Fenomena ini menarik untuk diteliti. Fokus penelitian adalah Pertama, Apa strategi zakat advisor dalam mengembangkan manajemen marketing ZIS pada LAZNAS Nurul Hayat Jember; Kedua, Bagaimana perkembangan yang dihasilkan dari strategi Zakat Advisor dalam marketing ZIS pada LAZNAS Nurul Hayat Jember; Ketiga, Apa kendala yang di hadapi dalam mengembangkan manajemen marketing ZIS pada LAZNAS Nurul Hayat Jember. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui apa saja strategi yang dilakukan oleh Zakat Advisor sehingga bisa mencapai target dan bisa mengembangkan manajemen marketing ZIS di LAZNAS Nurul Hayat cabang Jember. Mengetahui hasil dari strategi yang dilakukan Zakat Advisor dalam perkembangan manajamen marketing ZIS. Dan mengetahui kendala dalam mengembangkan manajemen marketing ZIS pada LAZNAS Nurul Hayat Jember. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field research) dengan mengambil lokasi penelitian di LAZNAS Nurul Hayat Jember. Data-datanya diperoleh melalui wawancara dan dokumentasi. Kemudian dianalisis dengan metode kualitatif deskriptif untuk mengatahui jawaban atas pokok permasalahan yang telah di rumuskan. Hasil penelitian ini adalah Stategi yang dilakukan oleh Zakat Advisor dalam mengembangkan manajemen marketing yang berada di LAZNAS Nurul Hayat Jember yaitu dengan menggunakan strategi online dan offline. Dan Perkembangan yang dihasilkan oleh Zakat Advisor dalam strategi yang dilakukan yakni meningkatnya pemasukan atau perolehan dana Zakat, Infak, dan Sedekah di Lembaga Amil Zakat Nurul Hayat cabang Jember tersendiri. Untuk cabang di Jember sendiri memiliki peringkat menengah terbaik dari pada cabang yang lain, serta perolehan dana ZIS tertinggi setiap tahunnya. Sedangkan Kendala yang ditemui dan dirasakan oleh karyawan Zakat Advisor sendiri dalam melakukan strategi manajemen marketing ini yaitu mencari donatur baru setiap harinya dengan target setiap ZA yang berbeda, target tidak sesuai dengan yang sudah ditentukan oleh pusat, keterbatasan nomor telfon yang harus di proses karena mengalami faktor internal. Kata Kunci: Strategi Zakat Advisor, Marketing, LAZNAS Nurul Hayat Jember

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1505 Marketing > 150506 Marketing Theory
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Manajemen Zakat dan Wakaf
Depositing User: Ms Retno Amelia
Date Deposited: 29 May 2023 05:08
Last Modified: 29 May 2023 05:08
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/23866

Actions (login required)

View Item View Item