Peran Remaja Masjid Baitul Muttaqin Dalam Menumbuhkan Sikap Entrepreneurship Masyarakat Desa Locare Kecamatan Curahdami Bondowoso

Maulana, Dina Afiyan (2023) Peran Remaja Masjid Baitul Muttaqin Dalam Menumbuhkan Sikap Entrepreneurship Masyarakat Desa Locare Kecamatan Curahdami Bondowoso. Undergraduate thesis, UIN KIAI Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
DINA AFIYAN MAULANA_T20191456.pdf

Download (2MB)

Abstract

ABSTARK

Dina Afiyan maulana, 2023: Peran Remaja Masjid Baitul Muttaqin dalam Menumbuhkan Sikap Entrepreneurship Masyarakat Desa Locare Kecamatan Curahdami Bondowoso.
Kata kunci: Peran, remaja masjid, entrepreneurship, masyarakat
Setiap masjid memiliki struktur pengelolaan salah satunya remaja masjid. organisasi remaja masjid dapat memberi dukungan dalam berbagai kegiatan yang menjadi tanggung jawab takmir masjid. Berbeda dengan remaja masjid pada umumnya, peran remaja Masjid Baitul Muttaqin tidak hanya berkegiatan keagamaan, remaja Masjid Baitul Muttaqin mengajadakan kegiatan kewirausahaan yang bekerjasama dengan masyarakat Desa Locare Kecamatan Curahdami Bondowoso.
Fokus penelitian dalam skripsi ini adalah: 1) Bagaimana peran remaja Masjid Baitul Muttaqin dalam menumbuhkan sikap entrepreneurship masyarakat Desa Locare Kecamatan Curahdami Bondowoso. 2) Bagaimana dampak entrepreneurship yang ditumbuhkan remaja masjid pada masjid Baitul Muttaqin dan masyarakat Desa Locare Kecamatan Curahdami Bondowoso. 3) Bagaimana hambatan remaja masjid Baitul Muttaqin dalam menumbuhkan sikap entrepreneurship masyarakat Desa Locare Kecamatan Curahdami Bondowoso.
Tujuan penelitian ini adalah: 1) Untuk mendeskripsikan peran remaja masjid Baitul Muttaqin dalam menumbuhkan sikap entrepreneurship masyarakat Desa Locare Kecamatan Curahdami Bondowoso. 2) Untuk mengetahui bagaimana dampak Entrepreneurship yang ditumbuhkan remaja masjid pada masjid Baitul Muttaqin dan masyarakat Desa Locare Kecamatan Curahdami Bondowoso. 3) Untuk mengetahui bagaimana hambatan remaja masjid Baitul Muttaqin dalam menumbuhkan sikap entrepreneurship masyarakat Desa Locare Kecamatan Curahdami Bondowoso.
Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan jenis deskriptif, Teknik pengumpulan data menggunakan observasi partisipan, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Kemuadian, Teknik analisis data peneliti ini menggunakan model interaktif, yakni berlangsung secara terus menerus sampai tuntas, sehingga datanya jenuh.
Penelitian ini sampai pada simpulan bahwa 1) peran remaja Masjid Baitul Muttaqin dalam menumbuhkan sikap entrepreneurship masyarakat Desa Locare Kecamatan Curahdami Bondowoso yakni sebagai distributor dan supplier, 2) dampak entrepreneurship ditumbuhkan remaja Masjid pada Masjid Baitul Muttaqin yakni penguat keuangan masjid, bertambahnya sarana prasarana, berambahnya sarana kifayah dan dampak pada masyarakat Desa Locare yakni membuka lapangan pekerjaan, memudahkan masyarakat dalam penjualan bhirnyik, membantu masyarakat dalam keuangan, 3) hambatan remaja Masjid Baitul Muttaqin dalam menumbuhkan sikap entrepreneurship masyarakat Desa Locare Kecamatan Curahdami Bondowoso yakni kurangnya job describtion pada anggota Remas, masyarakat menjual bhirnyik tidak pada Remas, adanya masyarakat yang menimbun bhirnyik dan ketidak lancaran agen membayar bhirnyik kepada Remas.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 14 ECONOMICS > 1402 Applied Economics > 140209 Industry Economics and Industrial Organisation
15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1503 Business and Management > 150304 Entrepreneurship
15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1505 Marketing > 150503 Marketing Management (incl. Strategy and Customer Relations)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Miss Dina Afiyan Maulana
Date Deposited: 29 May 2023 07:44
Last Modified: 29 May 2023 07:44
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/23869

Actions (login required)

View Item View Item