Penerapan strategi everyone is a teacher here dalam menumbuhkan keaktifan siswa pada mata pelajaran sejarah kebudayaan islam kelas x di MA Ma'arif NU Kencong tahun ajaran 2022/2023

Zahro', Hanifatuz (2023) Penerapan strategi everyone is a teacher here dalam menumbuhkan keaktifan siswa pada mata pelajaran sejarah kebudayaan islam kelas x di MA Ma'arif NU Kencong tahun ajaran 2022/2023. Undergraduate thesis, UIN KH Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
HANIFATUZ ZAHRO' _T20191326.pdf

Download (7MB)

Abstract

Proses belajar mengajar dikatakan berhasil jika adanya interaksi antara guru dan siswa. Menumbuhkan keaktifan siswa dalam proses pembelajaran merupakan tujuan utama yang dilakukan guru agar dapat menciptakan suasana belajar yang menyenangkan, dalam sebuah pembelajaran bukan hanya berpusat pada guru namun pembelajaran yang berpusat pada siswa (student centered). Di MA Ma’arif NU Kencong dalam menerapkan Strategi Everyone is a Teacher Here berhasil yang mana di setiap langkah dalam penerapannya dapat Menumbuhkan keaktifan siswa meliputi visual activities, oral activities, dan listening activities.

Fokus penelitian meliputi: 1) Bagaimana Penerapan Strategi Everyone is a Teacher Here dalam Menumbuhkan Keaktifan Siswa visual activities Pada Mata Pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam Kelas X di MA Ma’arif NU Kencong Tahun Ajaran 2022/2023? 2) Bagaimana Penerapan Strategi Everyone is a Teacher Here dalam Menumbuhkan Keaktifan Siswa oral activities Pada Mata Pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam Kelas X di MA Ma’arif NU Kencong Tahun Ajaran 2022/2023? 3) Bagaimana Penerapan Strategi Everyone is a Teacher Here dalam Menumbuhkan Keaktifan Siswa listening activities Pada Mata Pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam Kelas X di MA Ma’arif NU Kencong Tahun Ajaran 2022/2023.

Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif dengan jenis penelitian lapangan(field research). Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data penelitian ini menggunakan teori Miles, Huberman, dan Saldana yang meliputi: 1)Data Condensation (Kondensasi Data), 2) Data display (Penyajian Data), dan 3) Verifying Conclusion (Penarikan Kesimpulan). Keabsahan data dalam penelitian ini menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik.

Penelitian ini sampai pada simpulan bahwa: 1) Penerapan Strategi Everyone is a Teacher Here di MA Ma’arif NU Kencong dapat menumbuhkan keaktifan siswa dalam bentuk visual activities terdapat pada langkah keempat yang dibuktikan dengan siswa mengamati dan memperhatikan jawaban dari pertanyan yang telah didapat oleh siswa. 2) Dalam penerapan Strategi Everyone is a Teacher Here dapat menumbuhkan keaktifan siswa dalam bentuk Oral activities ditandai siswa berani dalam mengemukakan pendapatnya dan memberi saran, sanggahan. 3) Dalam penerapan Strategi Everyone is a Teacher Here dapat menumbuhkan keaktifan siswa dalam bentuk listening activities yang ditandai siswa mendengarkan penjelasan guru bahwa petanyaan yang dibuat sesuai dengan materi yang dipelajari.

Kata Kunci: Strategi Everyone is a Teacher Here, Keaktifan Siswa

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130303 Education Assessment and Evaluation
13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130313 Teacher Education and Professional Development of Educators
13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mrs Hanifatuz zahro'
Date Deposited: 30 May 2023 01:51
Last Modified: 30 May 2023 01:51
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/23897

Actions (login required)

View Item View Item