Strategi Internet Marketing Dalam Meningkatkan Siklus Hidup Produk Fashion Di Bilbana Jember.

Mutmainah, Siti (2021) Strategi Internet Marketing Dalam Meningkatkan Siklus Hidup Produk Fashion Di Bilbana Jember. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Siti Mutmainah_E20162031.pdf

Download (7MB)

Abstract

“Internet Marketing” adalah bentuk usaha dari perusahaan untuk memasarkan produk dan jasanya kepada pelanggan menggunakan media internet (online). Sedangkan siklus hidup produk adalah suatu siklus kehidupan produk yang menjelaskan penjulan suatu produk mulai dari pertama kali diperkenalkan di pasar sampai dengan saat ditarik dari pasar. Untuk meningkatkan siklus kehidupan tersebut diperlukan adanya strategi atau cara yang sesuai dan dapat diterapkan oleh perusahaan tersebut. Dengan kondisi sekarang ini dimana segala sesuatu sudah dilakukan secara online maka perusahaan juga harus melakukan sebuah inovasi untuk meningkatkan penjualan produknya yaitu menggunakan media internet yang disebut internet marketing. Fokus Penelitian yang ada dalam skripsi ini adalah: (1) Bagaimana penerapan internet marketing dalam meningkatkan siklus hidup produk fashion di Bilbana Jember? (2) Bagaimana siklus hidup produk fashion di Bilbana Jember? (3) Apa faktor kendala dan solusi bagi pengembangan produk fashion di Bilbana jember? Peneliti bertujuan untuk : (1) Mengetahui penerapan internet marketing dalam meningkatkan siklus hidup produk fashion di Bilbana Jember. (2) Mengetahui siklus hidup produk fashion di Bilbana Jember. (3) Mengetahui faktor kendala dan solusi bagi pengembangan produk fashion di Bilbana jember. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan jenis penelitian deskriptif. Dalam penentuan subjek penelitian peneliti menggunakan teknik purposive, dan teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Dan teknik keabsahan data menggunakan triangulasi sumber. Hasil penelitian ini adalah : (1) Ada 3 teknik strategi internet marketing yang digunakan oleh Bilbana. a.) Sosial Media Marketing b.) Marketplace c.) Instagram Marketing. (2) Siklus kehidupan produk yang terjadi di Bilbana meliputi empat tahapan, a.) fase pengenalan, yakni ketika produk baru saja dikeluarkan oleh perusahaan. b.) fase pertumbuhan, yakni ketika produk sudah mulai dikenal oleh masyarakat. c.) fase kedewasaan, yakni ketika barang sudah dikenal oleh masyarakat luas dan mengalami penjualan yang meningkat. d.) fase penurunan, yakni ketika barang sudah mengalami penurunan dalam penjualan dan mulai ditinggalkan oleh masyarakat. Ada beberapa kendala yang dihadapi oleh Bibana dalam mengembangkan produknya a.) kendala produksi b.) kendala keuangan c.) kendala pemasaran. Adapun solusinya adalah a.) solusi produksi d yaitu dengan mencari barang yang hampir sama dengan bahan baku awal tapi dengan kualitas dan harga yang sama b.) solusi keuangan dengan cara barter barang antar toko c.) solusi pemasaran dengan membentuk tim khusus untuk melakukan pemasaran secara langsung di luar kota dan dengan menyewa selebgram untuk mempromosikan produk yang ada di Bilbana. Kata Kunci : Internet Marketing, Siklus Hidup Produk, Bilbana

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1505 Marketing > 150506 Marketing Theory
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Ms Retno Amelia
Date Deposited: 30 May 2023 02:30
Last Modified: 30 May 2023 02:30
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/23915

Actions (login required)

View Item View Item