Strategi Penetapan Harga Perumahan Dalam Perspektif Ekonomi Islam (Studi Kasus Di Perumahan Istana Tegal Besar Jember Pt Kinansyah Group).

Arifin, Ulil Absor Rabbani (2020) Strategi Penetapan Harga Perumahan Dalam Perspektif Ekonomi Islam (Studi Kasus Di Perumahan Istana Tegal Besar Jember Pt Kinansyah Group). Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Ulil Absor Rabbani Arifin_083144190.pdf

Download (5MB)

Abstract

Seiring dengan berkembangnya zaman, proses dan transaksi jual beli pun semakin berkembang termasuk dalam hal strategi penetapan harga. Strategi penetapan harga merupakan tindakan yang dilakukan untuk menghasilkan pendapatan. Ada beragam strategi penetapan harga baik ditinjau dari perspektif ekonomi secara umum maupun persepktif ekonomi syariah. Strategi penetapan harga dapat juga berlaku dalam segala jenis jual beli, salah satunya jual beli perumahan di Perumahan Istana Tegal Besar. Fokus masalah yang diteliti dalam skripsi ini adalah: 1) Bagaimana strategi penetapan harga di Perumahan Istana Tegal Besar? 2) Bagaimana strategi penetapan harga di Perumahan Istana Tegal Besar menurut perspektif Ekonomi Islam? Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui strategi penetapan harga di Perumahan Istana Tegal Besar dan Untuk mengetahui strategi penetapan harga Perumahan Istana Tegal Besar menurut Prespektif Ekonomi Islam. Untuk mengidentifikasi permasalahan tersebut, penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Adapun teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi , interview/wawancara, dan dokumentasi. Penelitian ini memperoleh kesimpulan: 1) strategi penetapan harga di Perumahan Istana Tegal Besar berdasarkan biaya dan persaingan 2) strategi penetapan harga di Perumahan Istana Tegal Besar menurut perspektif ekonomi Islam telah sesuai dengan nilai-nilai syariah Islam karena harga yang ditetapkan berbasis keridhaan, keadilan, dan kejujuran. Penetapan harga Perumahan Istana Tegal Besar telah sesuai dengan konsep dan prinsip-prinsip ekonomi Islam yaitu harga berbasis keridhaan, keadilan, dan kejujuran. Harga berbasis keridhaan ditunjukkan dengan kerelaan dan tidak ada penyesalan dari pembeli. Harga berbasis keadilan ditunjukkan dengan tidak ada pihak yang terzalimi dari kedua belah pihak dan penetapan harganya sudah menyesuaikan mekanisme pasar yang sudah ada, dan harga berbasis kejujuran yang ditunjukkan dengan tidak adanya manipulasi serta tidak ada perubahan atas harga kesepakatan awal. Kata kunci : harga, penetapan, ekonomi Islam .

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1505 Marketing > 150506 Marketing Theory
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Ms Retno Amelia
Date Deposited: 31 May 2023 03:07
Last Modified: 31 May 2023 03:07
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/23963

Actions (login required)

View Item View Item