PERAN DPD PARTAI GOLKAR DI KABUPATEN JEMBER DALAM PELAKSANAAN PENDIDIKAN POLITIK BERDASARKAN KETENTUAN UU NOMOR 2 TAHUN 2011 TENTANG PARTAI POLITIK

Azkiyah, Barokatul (2023) PERAN DPD PARTAI GOLKAR DI KABUPATEN JEMBER DALAM PELAKSANAAN PENDIDIKAN POLITIK BERDASARKAN KETENTUAN UU NOMOR 2 TAHUN 2011 TENTANG PARTAI POLITIK. Undergraduate thesis, Universitas Islam Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
BAROKATUL AZKIYAH_S20193016 WTM.pdf

Download (4MB)

Abstract

Kata Kunci: Partai Politik, Pendidikan Politik, Masyarakat.
Setiap masyarakat memiliki hak dan kewajiban yang sama dimata hukum, oleh karena itu pada masa sekarang masih banyak masyarakat yang buta akan pendidikan politik, mereka berpikir bahwa perpolitikan di Indonesia hanya mengurusi persoalan-persoalan elit-elit tertentu yang dianggap hanya mementingkan kepentingan sendiri dibandingkan kepentingan masyarakat dan negara, sehingga masyarakat mudah dibohongi pada saat pemilu, yang mana mereka hanya ikut-ikutan saja tanpa mengetahui visi-misi dari pasangan calon dalam menyampaikan orientasinya untuk mewujudkan kesejahteraan masyarakat kedepannya.
Fokus penelitian dalam skripsi ini adalah 1. Bagaimana Peran DPD Partai Golkar dalam Pelaksanaan Pendidikan Politik di Kabupaten Jember berdasarkan Ketentuan UU Nomor 2 Tahun 2011 tentang partai politik? 2. Apa saja kendala-kendala dari pelaksanaan pendidikan politik yang dilakukan oleh DPD partai Golkar di Kabupaten Jember? 3. Bagaimana solusi dari DPD partai golkar dalam menghadapi kendala- kendala dalam pelaksanaan pendidikan politik di Kabupaten Jember?
Tujuan dari penelitian ini adalah 1. Untuk mengetahui peranan DPD partai golkar dalam pelaksanaan pendidikan politik. 2. Untuk mengetahui kendala-kendala dari pelaksanaan kegiatan pendidikan politik. 3. Untuk Mengetahui solusi dari DPD partai golkar dalam menghadapi kendala-kendala dalam pelaksanaan pendidikan politik di Kabupaten Jember.
Penelitian ini menggunakan jenis penelitian yuridis empiris yaitu untuk mengkaji peraturan perundang-undang yang berlaku di Indonesia apakah realita di lapangan dapat berjalan sesuai dengan undang-undang. Sedangkan penelitian menggunakan pendekatan sosiologi hukum, teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan juga dokumentasi.
Hasil penelitian adalah : 1. Bahwa DPD partai golkar di Kabupaten Jember telah melaksanakan pendidikan politik yang berdasarkan ketentuan UU Nomor 2 Tahun 2011 Tentang Partai Politik yang mana dalam melaksanakan kegiatan tersebut melibatkan pengurus partai golkar, tokoh masyarakat, kader partai golkar dan juga masyarakat dengan memberikan program kegiatan pendidikan politik konsolidasi organisasi, karakterdes didalamnya ada kegiatan talk show dan juga pelatihan bakat minat, pendidikan politik perempuan, dan juga majelis pengajian. 2. Kendala-kendala pendidikan politik yaitu: sikap malas, masyarakat yang datang masih belum paham terhadap esensi dari pendidikan politik, kurang kepedulian masyarakat terhadap politik dan juga kurangnya anggaran dan biaya dalam pelaksanaan pendidikan politik. 3. Solusi dari menghadapi kendala tersebut yaitu pendekatan sosial, memberikan metode-metode penyampaian materi kemudian diskusi bersama antara pengurus dan masyarakat, memberikan konsultasi permasalahan dan ruang bicara, dan pemerintah memberikan dana sesuai dengan program kerja.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 18 LAW AND LEGAL STUDIES > 1801 Law > 180119 Law and Society
Divisions: Fakultas Syariah > Hukum Tata Negara
Depositing User: Mrs Barokatul Azkiyah
Date Deposited: 05 Jun 2023 00:52
Last Modified: 05 Jun 2023 00:52
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/23974

Actions (login required)

View Item View Item