Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Snowball Throwing Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPS Di SMP Negeri 2 Sumberbaru Jember Tahun Pelajaran 2022/2023

Putri, Eka Margareta (2023) Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Snowball Throwing Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPS Di SMP Negeri 2 Sumberbaru Jember Tahun Pelajaran 2022/2023. Undergraduate thesis, UIN Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
SKRIPSI Eka Margareta Putri Fiks.pdf

Download (3MB)

Abstract

Eka Margareta Putri, 2023: Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Snowball Throwing Terhadap Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran IPS di SMP Negeri 2 Sumberbaru Jember Tahun Pelajaran 2022/2023.
Kata Kunci: snowball throwing, hasil belajar
Berdasarkan latar belakang penelitian yang ditemukan di SMP Negeri 2 Sumberbaru, terdapat pemilihan model pembelajaran yang kurang bervariasi yang digunakan oleh guru IPS. Model pembelajaran yang sering digunakan adalah model konvensional yaitu model Ekspositori yang berpusat pada penyampaian guru dan siswa mendengarkan materi, sehingga pembelajaran mengakibatkan siswa bosan dan hasil belajar menjadi rendah. Hasil belajar diperoleh dari nilai ulangan harian yang menunjukkan nilai rata-rata siswa kelas VII sebesar 65,54 dan nilai rata-rata siswa kelas VII B adalah 61,13. Oleh karena itu, perlu dilakukan evaluasi guna meningkatkan hasil belajar siswa. Salah satunya dengan menerapkan model Snowball Throwing yang merupakan model pembelajaran dengan melakukan permainan imajinatif berupa lemparan bola pertanyaan secara bergantian. Model Snowball Throwing ini sesuai dengan karakteristik siswa kelas VII dikarenakan model tersebut lebih terstruktur, menarik dan interaktif.
Tujuan penelitian ini adalah: untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Snowball Throwing terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS di SMP Negeri 2 Sumberbaru Jember Tahun Pelajaran 2022/2023.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian quasi-exsperimental. Desain penelitian yang dipakai oleh peneliti adalah Non Equivalent Group Design yaitu desain penelitian dengan menggunakan pretest-posttest control group design. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan tes dan dokumentasi. Uji instrumen penelitian menggunakan uji validitas, uji reabilitas, tingkat kesukaran, dan daya beda. Setelah itu, dilakukan uji prasyarat yaitu uji normalitas dan uji homogenitas sebelum di analisis data karena berkaitan dengan teknik yang digunakan adalah uji hipotesis dengan menggunakan Idependent Sample T-test.
Hasil analisis data dalam penelitian menggunakan Independent Sample T-test diperoleh nilai sig (2-tailed) sebesar 0,000 nilai tersebut menunjukkan bahwa nilai Sig (2-tailed) < 0,05 sehingga hipotesis nol (H0) ditolak dan hipotesis alternatif (Ha) diterima. Artinya terdapat pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Snowball Throwing terhadap hasil belajar siswa pada Mata Pelajaran IPS di SMP Negeri 2 Sumberbaru Jember Tahun Pelajaran 2022/2023.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 16 STUDIES IN HUMAN SOCIETY > 1607 Social Work > 160703 Social Program Evaluation
16 STUDIES IN HUMAN SOCIETY > 1608 Sociology > 160809 Sociology of Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial
Depositing User: Eka Margareta Putri Zaenal Abidin
Date Deposited: 06 Jun 2023 02:07
Last Modified: 06 Jun 2023 02:07
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/24027

Actions (login required)

View Item View Item