Pemanfaatan Media Pembelajaran dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Madrasah Ibtidaiyah Negeri 2 Jember

Ach. Nurfuad, Al-Fajri (2023) Pemanfaatan Media Pembelajaran dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Madrasah Ibtidaiyah Negeri 2 Jember. Masters thesis, UIN Kiai Haji Achmad Siddiq.

[img] Text
Ach. Nurfuad Al-Fajri_0849417001.pdf

Download (7MB)

Abstract

ABSTRAK

Al-Fajri, Ach. Nur Fuad. 2021. Pemanfaatan Media Pembelajaran dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Madrasah Ibtidaiyah Negeri 2 Jember. Tesis. Program Magister Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Pascasarjana Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember. Pembimbing I: Dr. Hj. St. Mislikhah, M.Ag. Pembimbing II: Dr. H. Abd. Muhith, M.Pd.I

Kata Kunci : WhatsApp, Google Form, Media Pembelajaran, Hasil Belajar

Pandemi Covid-19 yang melanda dunia memberikan dampak yang luar biasa terhadap perubahan aktifitas belajar-mengajar di beberapa lembaga pendidikan. Tak terkecuali di Indonesia, di mana sejak bulan Maret 2020, aktifitas pembelajaran daring (online learning) menjadi sebuah pilihan Kementerian Pendidikan Dan Kebudayaan serta Kementerian Agama untuk mencegah penyebaran virus Covid-19 semakin meluas. Hal tersebut menuntut para guru untuk berinovasi dalam menggunakan media pembelajaran. Di antara media pembelajaran yang dipilih oleh para guru di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 2 Jember adalah WhatsApp dan Google Form. Para guru dan siswa sangat aktif berinteraksi di WhatsApp Group kelas dan siswa jujur dalam mengisi isian di Google Form.
Fokus penelitian ini adalah: (1) Bagaimana pemanfaatan WhatsApp sebagai media pembelajaran dalam meningkatkan hasil belajar siswa Madrasah Ibtidaiyah Negeri 2 Jember di masa pandemi Covid-19?; (2) Bagaimana pemanfaatan Google Form sebagai media pembelajaran dalam meningkatkan hasil belajar siswa Madrasah Ibtidaiyah Negeri 2 Jember di masa pandemi Covid-19?.
Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Mendeskripsikan dan menganalisis pemanfaatan WhatsApp sebagai media pembelajaran dalam meningkatkan hasil belajar siswa Madrasah Ibtidaiyah Negeri 2 Jember di masa pandemi Covid-19; (2) Mendeskripsikan dan menganalisis pemanfaatan Google Form sebagai media pembelajaran dalam meningkatkan hasil belajar siswa Madrasah Ibtidaiyah Negeri 2 Jember di masa pandemi Covid-19.
Penelitian ini menggunakan teori yang dikembangkan oleh Azhar Arsyad tentang media pembelajaran dan teori yang dikembangkan Nana Sudjana tentang hasil belajar.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, dengan jenis penelitian studi kasus (case study). Penentuan subyek penelitian menggunakan purposive, sedangkan teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis dalam penelitian ini menggunakan model interaktif Miles dan Huberman, yaitu: data collection, data condensation, data display, and data verifiying. Uji keabsahan data penelitian ini menggunakan trianggulasi sumber dan teknik serta Member Check.
Adapun hasil dari penelitian ini adalah (1) WhatsApp dimanfaatkan sebagai media pembelajaran utama karena digunakan untuk komunikasi antara guru dan siswa, mulai dari pemberian materi hingga sarana-sarana untuk memberikan instruksi pembelajaran; (2) Google Form dimanfaatkan sebagai media pembelajaran untuk absensi siswa dan untuk kartu kendali kegiatan belajar siswa di rumah. Selain itu Google Form digunakan sebagai media penilaian siswa.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130202 Curriculum and Pedagogy Theory and Development
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Ach. Nurfuad Al-Fajri
Date Deposited: 19 Jun 2023 01:44
Last Modified: 19 Jun 2023 01:44
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/24260

Actions (login required)

View Item View Item