PENERAPAN SISTEM INFORMASI AKUNTANSI PENGGAJIAN DAN PENGUPAHAN KARYAWAN PADA PTPN XII KEBUN KALISELOGIRI KABUPATEN BANYUWANGI

Rizkianti, Fani (2023) PENERAPAN SISTEM INFORMASI AKUNTANSI PENGGAJIAN DAN PENGUPAHAN KARYAWAN PADA PTPN XII KEBUN KALISELOGIRI KABUPATEN BANYUWANGI. Undergraduate thesis, UIN KH Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
SKRIPSI FANI RIZKIANTI fix watermak.pdf

Download (3MB)

Abstract

Fani Rizkianti, Nur Alifah Fajariyah, S.E., M.S.A. 2023: Penerapan Sistem Informasi Akuntansi Penggajian dan Pengupahan Karyawan Pada PTPN XII Kebun Kaliselogiri Kabupaten Banyuwangi.
Kata kunci: Penerapan, Sistem Informasi Akuntansi, Penggajian dan Pengupahan
Sistem Informasi Akuntansi merupakan kumpulan sumber daya yang dibuat untuk mentransformasikan data menjadi informasi. Pada era 4.0 dimana semua serba digital dan sistem jaringan terintegrasi disetiap sektor seperti aktivitas ekonomi dari produksi hingga konsumsi. Dengan adanya revolusi ini membawa banyak perubahan diberbagai sektor, namun pada kenyataanya perubahan ini belum sepenuhnya terlaksanakan. Terdapat beberapa perusahaan yang belum menerapkan sistem digital dan computerize pada kinerjanya. Contohnya pada PTPN XII Kebun Kaliselogiri, sistem penggajian pada perusahaan PTPN XII Kebun Kaliselogiri ini masih dilakukan secara manual meskipun ada juga yang sudah terkomputerisasi.
Fokus penelitian dalam penelitian ini adalah: Bagaimana Sistem Informasi Akuntansi Penggajian dan Pengupahan Karyawan Pada PTPN XII Kebun Kaliselogiri?
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan mengetahui sistem informasi akuntansi penggajian dan pengupahan karyawan pada PTPN XII Kebun Kaliselogiri.
Metode yang digunakan dalam penelitian iniyaitu menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis deskriptif. Pada menentukan informan peneliti memakai teknik purposive. Sedangkan teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, serta dokumentasi.
Hasil dari penelitian ini yaitu sisteim peinggajian dan peinguipahan karyawan pada PTPN XII Keibuin Kaliseilogiri Dalam peimbayaran gaji dan uipah teirdapat 2 proseiduir yaitui proseiduir peinggajian Karyawan Harian Teitap (KHT) meingguinakan sisteim akuintansi kompuiteir dan proseiduir peinggajian Karyawan Harian Leipas (KHL) meingguinakan sisteim akuintansi manuial. Sisteim informasi akuintansi peinggajian yang seisuingguihnya pada PTPN XII Keibuin Kaliseilogiri beirada di puisat, kareina itui sisteim informasi akuintansi peinggajian yang ada di PTPN XII Keibuin Kaliseilogiri hanya seibatas fuingsi keipeigawaian dan fuingsi keiuiangan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 14 ECONOMICS > 1499 Other Economics > 149901 Comparative Economic Systems
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Akuntansi Syariah
Depositing User: Ms Perpustakaan Fani Rizkianti
Date Deposited: 19 Jun 2023 03:10
Last Modified: 19 Jun 2023 03:10
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/24285

Actions (login required)

View Item View Item