KONTRIBUSI IKLAN DALAM MENINGKATKAN MINAT PEMBELIAN PRODUK SKINCARE DAN KOSMETIK DI TABRIIZ STORE

Lubaba, Syahan Syah (2023) KONTRIBUSI IKLAN DALAM MENINGKATKAN MINAT PEMBELIAN PRODUK SKINCARE DAN KOSMETIK DI TABRIIZ STORE. Undergraduate thesis, UIN Kiai Haji Achmad Siddiq.

[img] Text
SYAHAN SYAH WATERMARK.pdf

Download (2MB)

Abstract

Syahan Syah Lubaba Irbathah EL Wafi, Dr. Nurul Widyawati Islami Rahayu, S.Sos, M.Si, 2022 : Kontribusi Iklan Dalam Meningkatkan Minat Pembelian Produk Skincare Dan Kosmetik Di Tabriiz Store.
Suatu bisnis dapat bertahan karena adanya daya minat pembelian yang tinggi dari konsumen. Oleh karena itu, untuk menarik minat beli konsumen, suatu bisnis dituntut untuk menentukan strategi pemasaran yang tepat. Bagi pelaku bisnis saat ini bukan zamannya menggunakan promosi periklanan menggunakan media cetak, karena telah hadir pilihan dan alternatif yang berpotensi besar yaitu media sosial. Promosi berupa periklanan dapat dipakai untuk membangun kesan jangka panjang suatu produk dan di pihak lain memicu penjualan yang cepat. Maka, iklan yang dibuat harus efektif, kreatif dan semenarik mungkin supaya bisa menimbulkan pengaruh positif.
Pada era digital saat ini mengiklankan produk jauh lebih mudah dan murah karena dengan perkembangan zaman masyarakat menggunakan media sosial sebagai sumber informasi yang sifatnya mudah dan cepat. Sehingga para pelaku bisnis telah beralih ke promosi online sebagai media periklanan untuk mempromosikan produk/jasa mereka. Periklanan melalui media sosial juga dapat mempengaruhi faktor eksternal yang mempengaruhi persepsi konsumen pada sebuah produk, yang kemudian akan mempengaruhi minat beli konsumen.
Penelitian ini berfokus pada bagaimana strategi periklanan di Tabriiz Store dalam meningkatkan minat beli konsumen pada produk skincare dan kosmetik dan bagaimana kontribusi iklan dalam meningkatkan minat beli konsumen produk skincare dan kosmetik. Hal ini dikarenakan Tabriiz Store adalah salah satu bisnis yang masih tergolong baru berdiri yang tentunya memerlukan strategi yang tepat dan melakukan beberapa inovasi untuk menarik minat beli konsumen. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana strategi pemasaran dengan periklanan dan mengetahui bagaimana kontribusi iklan dalam meningkatkan minat beli konsumen pada produk skincare dan kosmetik.
Dalam penelitian ini, metode yang digunakan adalah metode penelitian kualitatif, dengan jenis penelitian lapangan (field research). Dalam penentuan subjek penelitian menggunakan teknik purposive, sedangkan metode pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, observasi, dan dokumentasi yang berkaitan dengan strategi periklanan di Tabriiz Store. Penulis menganalisa data dengan cara mengimplementasikan semua data berupa gambaran dan penjelasan keseluruhan objek yang diteliti mengenai segala aspek yang ada di Tabriiz Store dengan cara menguraikan pokok bahasan yang diteliti.
Berdasarkan hasil analisis, dapat disimpulkan bahwa strategi pemasaran berupa periklanan melalui media sosial terbukti efektif dalam menarik minat beli konsumen. Karena memudahkan konsumen mengetahui produk yang dijualnya dan dengan adanya promosi tersebut memberikan ketertarikan pada konsumen untuk berkunjung dan berbelanja di Tabriiz Store. Kontribusi iklan secara keseluruhan telah berhasil meningkatkan minat beli konsumen pada produk. Terbukti dengan perubahan yang dialami selama sebelum hingga sesudah penggunaan iklan melalui media sosial yang di presentase sekitar 70%-85% perubahan yang cukup signifikan. Selain itu, Tabriiz Store semakin dikenal masyarakat baik dari dalam maupun luar Jember dan memiliki pelanggan tetap. Bertambahnya laba yang didapat setiap bulan di Tabriiz Store membuktikan bahwa minat pembelian konsumennya bertambah.

Kata Kunci: Iklan, Minat Beli, Produk, Skincare dan Kosmetik

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1505 Marketing
Depositing User: Syahan Syahan Syah Lubaba
Date Deposited: 20 Jun 2023 06:32
Last Modified: 20 Jun 2023 06:32
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/24305

Actions (login required)

View Item View Item