Strategi Pemasaran Pendidikan dalam Peningkatan Kuantitas Peserta Didik Di MTs Miftahul Ulum Banyuwangi

Nura Wati, Putri (2023) Strategi Pemasaran Pendidikan dalam Peningkatan Kuantitas Peserta Didik Di MTs Miftahul Ulum Banyuwangi. Masters thesis, UIN KH. Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Putri Nura Wati_213206010009.pdf

Download (2MB)

Abstract

Nura Wati, Putri, 2023. “Strategi Pemasaran Pendidikan Dalam Peningkatan Kuantitas Peserta Didik Di MTS Miftahul Ulum Banyuwangi”. Tesis Program Studi Manajemen Pendidikan Islam Pascasarjana Universitas Islam Negeri KH. Achmad Siddiq Jember. Pembimbing I : Dr. St. Rodliyah, M.Pd. Pembimbing II : Dr. Zainal Abidin, S.Pd.I, M.Si.
Kata Kunci : Strategi Pemasaran Pendidikan dan Peningkatan Kuantitas Peserta didik
Bauran pemasaran merupakan penggabungan variabel-variabel pemasaran yang digunakan untuk mencapai tujuan pemasaran. Tiga variabel bauran pemasaran yang dimaksud dalam penelitian ini ialah Product, Promotion, dan People. Salah satu tujuan pemasaran dalam lingkup pendidikan yaitu untuk meningkatkan kuantitas peserta didik pada suatu lembaga pendidikan Islam sehingga dapat memenangkan persaingan antar lembaga pendidikan.
Fokus penelitian: (1) Bagaimana strategi bauran pemasaran pendidikan aspek product dalam peningkatan kuantitas peserta didik di MTs Miftahul Ulum Banyuwangi? (2) Bagaimana strategi bauran pemasaran pendidikan aspek promotion dalam peningkatan kuantitas peserta didik di MTs Miftahul Ulum Banyuwangi? (3) Bagaimana strategi bauran pemasaran pendidikan aspek people dalam peningkatan kuantitas peserta didik di MTs Miftahul Ulum Banyuwangi?. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah (1) Untuk mendeskripsikan strategi bauran pemasaran pendidikan aspek product dalam peningkatan kuantitas peserta didik di MTs Miftahul Ulum Banyuwangi, (2) Untuk mendeskripsikan strategi bauran pemasaran pendidikan aspek promotion dalam peningkatan kuantitas peserta didik di MTs Miftahul Ulum Banyuwangi, (3) Untuk mendeskripsikan strategi bauran pemasaran pendidikan aspek people dalam peningkatan kuantitas peserta didik di MTs Miftahul Ulum Banyuwangi.
Metode penelitian menggunakan pendekatan kualitatif jenis deskriptif. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Penentuan subjek penelitian menggunakan Purposive. Sumber data berupa informan, kegiatan, dan dokumen. Analisis data menggunakan kondensasi data (Data Condentation). Pemaparan data (Data Display), penarikan dan verivikasi kesimpulan (Drawing and verifying conclution). Uji keabsahan data dengan menggunakan Trianggulasi Sumber, Trianggulasi Teknik, dan Pengecekan anggota (Member Check).
Hasil penelitian ini meliputi: (1) Product, MTs Miftahul Ulum menawarkan produk berupa program unggulan, life skill, dan prestasi siswa. (2) Promotion, promosi yang dilakukan di MTs Miftahul Ulum melalui brosur, kalender, banner, website, media sosial (facebook, instagram, whatsapp), kunjungan ke SD/MI, Word of mouth. (3) People, kualifikasi akademik tenaga pendidik, Dari ke 17 guru ini 3 diantaranya berijazah S2, 14 guru berijazah S1.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1505 Marketing > 150503 Marketing Management (incl. Strategy and Customer Relations)
Divisions: Program Magister > Pendidikan Islam
Depositing User: Putri Nura Wati
Date Deposited: 21 Jun 2023 08:22
Last Modified: 21 Jun 2023 08:22
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/24376

Actions (login required)

View Item View Item