Inovasi Badan Usaha Milik Desa (BUMDES) dalam Meningkatkan Potensi Desa dan Kesejahteraan Masyarakat Ekonomi Desa Sekapuk Kecamatan UjungPangkah Kabupaten Gresik

Ilmi, Hafna (2023) Inovasi Badan Usaha Milik Desa (BUMDES) dalam Meningkatkan Potensi Desa dan Kesejahteraan Masyarakat Ekonomi Desa Sekapuk Kecamatan UjungPangkah Kabupaten Gresik. Undergraduate thesis, UIN KH Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Hafna Ilmi Muhallah_E20192210.pdf

Download (4MB)

Abstract

Kata kunci: Inovasi, BUMDes, Potensi Desa, Kesejahteraan Ekonomi
Strategi inovasi merupakan rencana dan perubahan yang dirasakan sebagai hal baru. Proses inovasi dapat dilakukan melalui pembangunan dan terjadi secara terus menerus di dalam bisnis atau usaha. Dengan adanya inovasi pendapatan dalam suatu usaha dapat meningkat dari sebelumnya dan usaha tersebut dapat menarik perhatian banyak orang karena telah adanya hal baru dan peningkatan kualitas dalam usaha tersebut. Disini peneliti ingin meneliti strategi inovasi yang dilakukan BUMDes dalam meningkatkan potensi desa dan kesejahteraan ekonomi masyarakat Desa Sekapuk Kecamatan Ujungpangkah Kabupaten Gresik.
Fokus penelitian dalam skripsi ini adalah : (1) Bagaimana inovasi yang dilakukan BUMDes dalam meningkatkan potensi desa? (2) Bagaimana dampak inovasi yang dilakukan BUMDes pada peningkatan kesejahteraan ekonomi masyarakat Desa Sekapuk Kecamatan Ujungpangkah Kabupaten Gresik?
Penelitian ini bertujuan : (1) untuk mengetahui inovasi yang dilakukan BUMDes dalam meningkatkan potensi desa. (2) untuk mengetahui inovasi yang dilakukan BUMDes dalam peningkatan kesejahteraan ekonomi masyarakat Desa Sekapuk Kecamatan Ujungpangkah Kabupaten Gresik.
Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif. Penentuan subyek penelitian menggunakan teknik purposive, sedangkan metode pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Metode analisis data menggunakan analisis deskriptif. Metode keabsahan data menggunakan triangulasi sumber.
Hasil dari penelitian tersebut adalah : 1) Inovasi BUMDes dalam meningkatkan potensi desa yaitu tabungan Plus Investasi (Tavest) dan inovasi produk Agrowisata Kebun Pak Inggih dengan memanfaatkan potensi desa berupa lahan pertanian. 2) Dampak inovasi BUMDes dalam meningkatkan kesejahteraan ekonomi masyarakat Desa Sekapuk yaitu melalui unit-unit usaha yang dimiliki BUMDes Sekapuk.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1504 Commercial Services
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Hafna Ilmi Muhallah
Date Deposited: 22 Jun 2023 03:35
Last Modified: 22 Jun 2023 03:35
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/24380

Actions (login required)

View Item View Item