Penerapan Metode Example non Example dalam Pembelajaran Sejarah Sebudayaan Islam di Madrasah Ibtidaiyah As Salaam Kemirahan Kabupaten Kediri Tahun Pelajaran 2022/2023

Putri, Farischa Latiara Intan (2023) Penerapan Metode Example non Example dalam Pembelajaran Sejarah Sebudayaan Islam di Madrasah Ibtidaiyah As Salaam Kemirahan Kabupaten Kediri Tahun Pelajaran 2022/2023. Masters thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Farischa Latiara Intan Putri _T20181466.pdf

Download (3MB)

Abstract

Pembelajaran Example Non Example atau juga biasa disebut Example (contoh
akan suatu materi) And Non Example (contoh dari suatu materi yang tidak sedang dibahas) merupakan model pembelajaran yang menggunakan gambar sebagai media pembelajaran. Penggunaan media gambar ini disusun dan dirancang agar anak dapat menganalisis gambar tersebut menjadi sebuah bentuk deskripsi singkat mengenai apa yang ada di dalam gambar. Penerapan metode Example Non Example pada kelas V Di MI As salaam diharapkan dapat meningkatkan semangat belajar siswa tentunya dalam pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam. Fokus masalah yang diteliti dalam skripsi ini adalah : 1) Bagaimana perencanaan guru pada metode Example Non Example dalam pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam di MI As-Salaam Kemirahan?. 2) Bagaimana proses metode Example Non Example dalam pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam di MI As-Salaam Kemirahan?. 3) Bagaimana evaluasi metode Example Non Example pada pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam di MI As-Salaam Kemirahan?. Penelitian ini menggunakan adalah pendekatan kualitatif dengan Jenis penelitian yang digunakan oleh peneliti mengunakan Penelitian naratif adalah laporan bersifat narasi yang menceritakan urutan peristiwa secara terperinci. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi. Untuk analisis data menggunakan pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan kesimpulan. Pada pengujian keabsahan data peneliti menggunkan triagulasi sumber dan triangulasi teknik. Hasil penelitian dari penerapan metode Example Non Example dalam pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam di MI As salaam Kemirahan yakni : 1) bagaimana perencanaan guru dalam penerapan metode Example Non Example yakni dengan melakakukan persiapan sebagai seorang guru dengan di buat RPP, silabus, prota maupun promes dengan penyampaian materi yang dilakukan oleh guru terdapat diakhir pembelajaran setelah dilakukan diskusi,guru menjelaskan materi yang sesuai. 2) bagaimana proses metode Example Non Example dalam proses diskusi ini siswa dibagi beberapa kelompok yang terdiri dari 4-5 siswa dan siswa mulai mendiskusikan gambar yang ditempelkan guru saat pembagian kkelompok. 3) bagaimana evaluasi dari metode Example Non Example penilaian sikap yang diambil dari kegiatan sholat jama‟ah, serta sikap siswa dikelas seperti percaya diri dan untuk penilaian pengetahuan diambil dari ulangan harian.
Kata kunci : Metode Example non example, pembelajaran Sejarah Kebudayaan
Islam.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130303 Education Assessment and Evaluation
13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130399 Specialist Studies in Education not elsewhere classified
13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Depositing User: Farischa Latiara Intan Putri
Date Deposited: 22 Jun 2023 04:04
Last Modified: 22 Jun 2023 04:04
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/24417

Actions (login required)

View Item View Item