PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN QUIZIZZ PADA PEMBELAJARAN IPS DI MADRASAH TSANAWIVAH SUNAN AMPEL RESAPOMBO KECAMATAN DOKO KABUPATEN BLITAR TAHUN PELAJARAN 2021/2022

Qonita Nida, Dusturia (2023) PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN QUIZIZZ PADA PEMBELAJARAN IPS DI MADRASAH TSANAWIVAH SUNAN AMPEL RESAPOMBO KECAMATAN DOKO KABUPATEN BLITAR TAHUN PELAJARAN 2021/2022. Undergraduate thesis, UIN KHAS JEMBER.

[img] Text
QONITA NIDA DUSTURIA_T20189031.pdf

Download (3MB)

Abstract

Qonita Nida Dusturia, 2023; Penggunaan Media Pembelajaran Quizizz pada Pembelajaran IPS di
MI Sunan Amnel Resanombo Kecamatan Doko Kabunaten Blitar Tahun Pelaiaran
2021/2022
Kata kunci: Media Pembelajaran Ouizizz, IPS
Media pembelajaran adalan satu proses penting untuk Kelancaran berjalannya suatu pembelajaran yang akan disampaikan olen guru kepada siswa. Pembelajaran vang bersifat monoton serta media pembelajaran yang kurang menarik membuat siswa lebih cepat bosan dan kurang fokus terhadap materi yang telah diajarkan ole guru. Media pembelajaran yang berbasis aplikasi mempermudah guru untuk bisa dengan mudah berkomunikasi dengan siswa mengenai materi pelajaran, tugas dan soal-soal.
Media vang dimaksud dalam penelitian ini adalah media vang berbasis aplikasi vaitu Quizizz.
Fokus dari penelitian ini adalah : 1) Bagaimana perencanaan penggunaan media pembelajaran quizizz pada pembelajaran IPS di MIs Sunan Ampel Resampombo Kecamatan Doko Kabupaten Blitar tahun pelajaran 2021/2022? 2) Bagaimana pelaksanaan penggunaan media pembelajaran quizizz pada pembelajaran IPS di MIs Sunan Ampel Resampombo Kecamatan Doko Kabupaten Blitar tahun pelajaran 2021/2022? 3) Bagaimana evaluasi penggunaan media pembelajaran quizizz pada pembelajaran IPS di MTs Sunan Ampel Resampombo Kecamatan Doko Kabupaten Blitar tahun pelajaran 2021/2022?
Penelitian ini menggunkan pendekatan kualitatif, dengan jenis deskriptif. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi. wawancara dan dokumentasi. Analisis data menggunakan modul interaktif Miles, Huberman, dan Saldana. Keabsahan data dengan triangulasi tekuk dan sumber.
Hasil penelitian in menunjukkan bahwa: 1) Perencanaan penggunaan media pembelajaran quizizz pada mata pelajaran IPS di MTs Sunan Ampel Resampombo Kecamatan Doko Kabupaten Blitar dilakukan dengan membuat RPP, mendownload media pembelajaran quizizz, Membuat bentuk soal quis dan menentukan sumber belajar; 2) Pelaksanaan penggunaan media pembelajaran quizizz pada mata pelajaran IPS di MTs Sunan Ampel Resampombo Kecamatan Doko Kabupaten Blitar dilakukan pada Kopentensi Dasar memahami konsep interaksi antara manusia dengan ruang sehingga menghasilkan berbagai kegiatan ekonomi (produksi. distribusi, konsumsi, permintaan. dan penawaran) dan interaksi antarruang untuk keberlangsungan kehidupan ekonomi, sosial, dan budaya Indonesia dengan materi aktivitas manusia dalam memenuhi kebutuhan, langkah-langkah pelaksanaan meliputi kegiatan pendahuluan, kegiatan inti, dan kegiatan penutup; 3) Evaluasi penggunaan media pembelajaran quizizz di MT Sunan Ampel Resampombo Kecamatan Doko Kabupaten Blitar adalah penilaian pengetahuan, penilaian sikap, dan penilaian keterampilan

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 14 ECONOMICS > 1403 Econometrics > 140303 Economic Models and Forecasting
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial
Depositing User: Qonita Nida Dusturia
Date Deposited: 21 Jun 2023 06:48
Last Modified: 21 Jun 2023 06:48
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/24424

Actions (login required)

View Item View Item