Manajemen Pembiayaan dalam meningkatkan mutu pendidikan di madrasah Aliyah Tahfidz Al Islami Pesanggaran Banyuwangi tahun Anggaran 2022

Lailatul Mukaromah, Muslikhatun (2023) Manajemen Pembiayaan dalam meningkatkan mutu pendidikan di madrasah Aliyah Tahfidz Al Islami Pesanggaran Banyuwangi tahun Anggaran 2022. Masters thesis, Pascasarjana UIN Khas Jember.

[img] Text
Muslikhatun Lailatul Mukaromah_213206010015.pdf

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK

Muslikhatun, Lailatul Mukaromah. 2022. Manajemen Pembiayaan dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan di Madrasah Aliyyah Tahfidz Al Islami Pesanggaran Banyuwangi Tahun Anggaran 2022. Program Studi Manajemen Pendidikan Pembimbing 1: Dr. H. Zainuddin AL Haj, Lc, M.Pd.I. Pembimbing 2: Dr. H. Khotibul Umam, MA.

Kata Kunci : Manajemen Pembiayaan, Mutu Pendidikan

Secara umum Pembiayaan menjadi komponen pendidikan yang mempunyai peran penting atas berjalannya proses pembelajaran. Penyelenggaraan pendidikan yang didukung dengan pembiayaan memadai akan berakibat pada berlangsungnya pembelajaran yang maksimal dan efektif. Untuk itu, salah satu cara yang bisa ditempuh adalah melalui peningkatan mutu pendidikan.
Fokus penelitian:1). Bagaimana Perencanaan (Budgetting) pembiayaan dalam meningkatkan mutu pendidikan di Madrasah Aliyah Tahfidz Al Islami Pesanggaran Banyuwangi? 2). Bagaimana pelaksanaan (Accounting) pembiayaan dalam meningkatkan mutu pendidikan di Madrasah Aliyah Tahfidz Al Islami Pesanggaran Banyuwangi? 3). Bagaimana evaluasi (Auditing) pembiayaan dalam meningkatkan mutu pendidikan di Madrasah Aliyah Tahfidz Al Islami Pesanggaran Banyuwangi?. Adapun Tujuan dalam penelitian ini adalah 1. Mendeskripsikan dan menganalisis perencanaan (Budgetting) pembiayaan dalam meningkatkan mutu mutu pendidikan di Madrasah Aliyah Tahfidz Al Islami Pesanggaran Banyuwangi, 2. Mendeskripsikan dan menganalisis pelaksanaan (Accounting) pembiayaan dalam meningkatkan mutu pendidikan di Madrasah Aliyah Tahfidz Al Islami Pesanggaran Banyuwangi, 3. Mendeskripsikan dan menganalisis evaluasi (Auditing) pembiayaan dalam meningkatkan mutu pendidikan di Madrasah Aliyah Tahfidz Al Islami Pesanggaran Banyuwangi.
Metode penelitian menggunakan pendekatan kualitatif jenis Study kasus, teknik pengumpulan data menggunakan Wawancara, Observasi dan Dokumentasi, Penentuan Subyek menggunakan Purposive, Sumber Data berupa Informan, Kegiatan dan Dokumentasi, Analisis data menggunakan Kondensasi data (Data Condentation), Pemaparan Data (Data Display), Penarikan dan Verivikasi Kesimpulan (Drawing and Verifying Conclution), Uji Keabsahan data dengan menggunakan Triangulasi Sumber, Triangulasi Teknik dan Pengecekan Anggota (Member Check).
Hasil Penelitian ini adalah :(1). Perencanaan pembiayaan dalam meningkatkan mutu pendidikan di Madrasah Aliyah Tahfidz Al Islami dilakukan dengan cara sebagai berikut: a) Kepala Madrasah berkoordinasi bersama Seluruh jajaran Madrasah. b) merumuskan program-program Madrasah. c) Menetapkan anggaran. d) Sumber-sumber pendanaan. (2) Pelaksanaan pembiayaan dilakukan dengan cara sebagai berikut: a) Pembayaran Gaji guru. b) pembelian sarana dan prasarana.c) Honorarium Pembina ekstrakulikuler (3) Evaluasi pembiayaan dilakukan Sebagai Berikut: a) analisis masalah. b) tujuan yang ingin dicapai.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1502 Banking, Finance and Investment > 150201 Finance
15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1502 Banking, Finance and Investment > 150202 Financial Econometrics
Depositing User: Mahasiswi Muslikhatun Lailatul Mukaromah
Date Deposited: 22 Jun 2023 05:22
Last Modified: 22 Jun 2023 05:22
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/24491

Actions (login required)

View Item View Item