SISTEM INFORMASI MANAJEMEN PEMBELAJARAN DI SD ISLAM TERPADU NURUL ANSHAR PANJI SITUBONDO

syaifullah, mr (2023) SISTEM INFORMASI MANAJEMEN PEMBELAJARAN DI SD ISLAM TERPADU NURUL ANSHAR PANJI SITUBONDO. Masters thesis, pascasarjana uinkhas jember.

[img] Text
SYAIFULLAH _ 213206010013.pdf

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK

Syaifullah. 2023. Sistem Informasi Manajemen Pembelajaran di SD Islam Terpadu Nurul Anshar Panji Situbondo.

Kata Kunci: Sistem Informasi Manajemen, Pembelajaran

Sistem informasi sangatlah penting untuk digunakan pada lingkungan perusahaaan, instansi, organisasi, khususnya dalam dunia pendidikan. Lembaga pendidikan akan melayani berbagai aktifitas yang berhubungan langsung dengan lembaga tersebut. Misalnya pada proses pemebelajarannya. Untuk itu peran teknologi informasi sangat mendudukung dalam proses tercapainaya sebuah pemebelajaran dalam pendidikan
Fokus Penelitian ini adalah: 1) Bagaimana bentuk sistem informasi manajemen Pembelajaran di SD Islam Terpadu Nurul Anshar panji situbondo?, 2) Bagaimana faktor penghambat dalam penerapan sistem informasi manajemen pembelajaran di SD Islam Terpadu Nurul Anshar panji situbondo?, 3) Bagaimana implikasi penerapan sistem informasi pembelajaran di SD Islam Terpadu Nurul Anshar panji situbondo?
Tujuan Penelitian ini adalah: 1) Untuk mendeskripsikan dan menganalisis bentuk sistem informasi manajemen pembelajaran di SD Islam Terpadu Nurul Anshar situbondo, 2) Untuk mendeskripsikan dan menganalisis faktor penghambat dalam penerapan sistem informasi manajemen pembelajaran di SD Islam Terpadu Nurul Anshar panji situbondo. 3) Untuk mendeskripsikan dan menganalisis implikasi penerapan sistem informasi manajemen pembelajaran di SD Islam Terpadu Nurul Anshar panji situbondo.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Penentuan subyek penelitian dilakukan secara purposive. Sumber data menggunakan data yang membidangi dan sumberdata pendukung. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi non partisipasi, wawancara dan dokumentasi.
Hasil penelitian ini adalah: 1) Sistem Informasi Pembelajarannya Menggunakan Aplikasi yang bernama Elektronik Ruang Ilmu Nurul Anshar yang didalamnya terdapat bentuk fitur materi online yang berupa video pembelajaran dan rangkuman pembelajaran. 2) Pemanfaatan aplkasi ini di dalam kelas dan sumber belajar diluar kelas. 3) Faktor penghambat dari penerapan Sistem Informasi Pembelajaran terdapat dua faktor internal dan eksternal. Faktor internal disini kuranganya penguasaan siswa menulis font arab di keyboard Handpone dan laptop, Sedangkan faktor eksternalnya sebagian orang tua belum sepenuhnya mendukung anaknya untuk membawa Handpone kesekolah. 3) Implikasi dari penerapan Sistem Informasi Manajemen memudahkan siswa mengulang mata pelajaran yang telah dilalui disekolah secara sederhana, menarik dan mendisiplinkan siswa dalam mengerjakan tugas sekolah. 5) Meningkatkan kemampuan bersaing di tingkat provinsi dalam hal pembelajaran.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130101 Continuing and Community Education
13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130199 Education systems not elsewhere classified
Depositing User: Mr Syaifullah Syaifullah
Date Deposited: 22 Jun 2023 06:10
Last Modified: 22 Jun 2023 06:10
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/24509

Actions (login required)

View Item View Item