Analisis Penerapan Akuntansi Syariah Berdasarkan PSAK 105 Tentang Pembiayaan Mudharabah Pada BMT UGT Nusantara Cabang Lumajang

Nur Rohma, Siti (2023) Analisis Penerapan Akuntansi Syariah Berdasarkan PSAK 105 Tentang Pembiayaan Mudharabah Pada BMT UGT Nusantara Cabang Lumajang. Undergraduate thesis, UIN KIAI Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
SKRIPSI SITI NUR ROHMA E20193021.pdf

Download (4MB)

Abstract

Rohma, Dr. Munir Is’adi, 2023 : “ Analisis Penerapan Akuntansi Syariah berdasarkan PSAK 105 Tentang Pembiayaan Mudharabah Pada BMT UGT Nusantara Cabang Lumajang “

Kata Kunci : Pembiayaan mudharabah, PSAK 105

Perkembangan didunia perbankkan semakin meningkat, akan tetapi perbankkan masih belum mampu menjangkau ekonomi kebawah yang lemah sehingga terbentuklah lembaga keuangan mikro yang berbasis syariah yakni Baitul Mall Wattamwill ( BMT ), salah satunya merupakan BMT UGT Nusantara, di BMT UGT Nusantara terdapat beberapa produk pembiayaan salah satunya pembiayaan mudharabah. Pembiayaan mudharabah merupakan akad kerjasama usaha antara bank sebagai pemilik dana (shahibul maal) dan nasabah sebagai pengelola dana (mudharib) untuk melakukan kegiatan usaha dengan nisbah bagi hasil keuntungan atau kerugian menurut kesepakatan bersama di awal akad.
Berdasarkan latar belakang masalah, maka penulis merumuskan beberapa permasalahan diantaranya: (1). Bagaimana pelaksanaan pembiayaan mudharabah pada BMT UGT Nusantara Cabang Lumajang ? (2). Apakah penerapan pembiayaan mudharabah berdasarkan pengakuan, pengukuran, penyajian dan pengungkapan pada BMT UGT Nusantara Cabang Lumajang sudah sesuai dengan PSAK 105 ?
Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui bagaimana prosedur pelaksanaan pembiayaan yang ada di BMT UGT Nusanatara, dan apakah dalam hal pengakuan, pengukuran, penyajian dan pengungkapan pembiayaan mudharabah di BMT UGT Nusanatra sudah sesuai dengan standar akuntansi yang berlaku yaitu PSAK 105.
Metode dalam penelitian yang digunakan merupakan pedekatan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Tehnik pengumpulan data menggunakan teknik wawancara, dokumentasi dan observasi. Kemudian untuk keabhasan data menggunakan trianggulasi sumber.
Berdasarkan hasil penelitian dapat di simpulkan : (1) Pelaksanaan pembiayaan mudharabah pada BMT UGT Nusantara terdapat beberapa langkah ;Pengajuan pembiayaan mudharabah, Interview dan survey, Pemberian keputusan, Realisasi pencairan dana ,Pembayaran angsuran, Pelunasan pembiayaan mudharabah, Perhitungan bagi hasil . (2) perlakuan akuntansi untuk pembiayaan di BMT UGT Nusantara cabang Lumajang dengan akad mudharabah mengenai pengakuan akuntansi pembiayaan mudharabah sepenuhnya belum sesuai dengan PSAK 105. Pengakuan keuntungan, pengakuan kerugian, pengakuan piutang dan beban di BMT UGT Nusantara sudah sesuai dengan PSAK 105. Namun terdapat ketidak sesuain dalam hal pengakuan investasinya.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1501 Accounting, Auditing and Accountability > 150111 Accounting System (incl. Accounting Information System)
15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1505 Marketing
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Akuntansi Syariah
Depositing User: Siti Nur Rohma
Date Deposited: 26 Jun 2023 07:52
Last Modified: 26 Jun 2023 07:52
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/24662

Actions (login required)

View Item View Item