Analisis Laba Penjualan Dengan Sistem Bayar Cash Dan Sistem Arisan Di UD Eny Furniture 2 Desa Serut Kecamatan Panti Kabupaten Jember

Fadli, Moh. (2023) Analisis Laba Penjualan Dengan Sistem Bayar Cash Dan Sistem Arisan Di UD Eny Furniture 2 Desa Serut Kecamatan Panti Kabupaten Jember. Undergraduate thesis, UIN KH Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Moh. Fadli_E20182178.pdf

Download (4MB)

Abstract

Moh. Fadli, 2023: Analisis Laba Penjualan Dengan Sistem Bayar Cash Dan Sistem Arisan Di UD Eny Furniture 2 Desa Serut Kecamatan Panti Kabupaten Jember.
Jual beli merupakan suatu kegiatan pertukaran barang dengan barang atau harta dengan harta yang, dilakukan oleh pembeli dan penjual dengan sighat, yaitu ungkapan ijab dan qobul dilakukan, dengan sukarela antara masing-masing pihak, dan harta yang ditukar adalah yang bernilai manfaat. Jual beli dalam istilah fiqih disebut dengan al-bai’ yang berarti menjual, mengganti, dan menukar sesuatu dengan sesuatu yang lain.
Fokus penelitian pada penelitian ini adalah: 1) Bagaimana sistem penjualan dengan bayar Cash dan sistem arisan UD. Eny Furniture 2 Desa Serut Kecamatan Panti Kabupaten Jember? 2) Bagaimana penentuan laba penjualan dengan sistem bayar Cash dan sistem arisan di UD. Eny Furniture 2 Desa Serut Kecamatan Panti Kabupaten Jember? 3) Bagaimana perolehan laba penjualan dengan sistem bayar Cash dan sistem arisan di UD. Eny Furniture 2 Desa Serut Kecamatan Panti Kabupaten Jember?
Tujuan penelitian ini adalah: 1) Untuk mengetahui sistem penjualan dengan bayar Cash dan sistem arisan UD. Eny Furniture 2 Desa Serut Kecamatan Panti Kabupaten Jember 2) Untuk mengetahui penentuan laba penjualan dengan sistem bayar Cash dan sistem arisan di UD. Eny Furniture 2 Desa Serut Kecamatan Panti Kabupaten Jember 3) Untuk mengetahui perolehan laba penjualan dengan sistem bayar Cash dan sistem arisan di UD. Eny Furniture 2 Desa Serut Kecamatan Panti Kabupaten Jember.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan jenis penelitiannya menggunakan penelitian deskriptif. Penentuan subyek penelitian ini menggunakan teknik Purposive. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Adapun analisis data menggunakan deskriptif kualitatif.
Hasil dari penelitian ini adalah: 1) konsumen lebih banyak memilih dengan cara cash di karenakan konsumen akan mendapatkan harga yang lebih miring dan mereka tidak perlu menunggu waktu yang lama untuk membawa pulang barang. Namun sistem pemabayaran dengan arisan juga memberikan dampak yang positif dalam penjualan barang setiap bulannya 2) Dalam proses penentuan labanya UD Eny furniture menggunakan laba bruto, dimana cara penghitungan labanya diperoleh dari selisih harga pokok barang dikurangi dengan harga jual barang. 3) perolehan laba UD Eny Furniture yaitu lebih banyak dengan penjualan secara cash dari pada penjualan secara arisan arisan

Kata Kunci: Laba, Penjualan, Bayar Cash, Arisan

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 14 ECONOMICS > 1402 Applied Economics > 140207 Financial Economics
14 ECONOMICS > 1402 Applied Economics > 140209 Industry Economics and Industrial Organisation
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Man Fadli Moh.
Date Deposited: 03 Jul 2023 03:33
Last Modified: 03 Jul 2023 03:33
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/24689

Actions (login required)

View Item View Item