Strategi Komunikasi Pemasaran Sakeena Publishing Dalam Menyebarkan Pesan Islam Di Media Siber

Rizky, Agus Angga (2023) Strategi Komunikasi Pemasaran Sakeena Publishing Dalam Menyebarkan Pesan Islam Di Media Siber. Masters thesis, UIN Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
TESIS AGUS ANGGA RIZKY_0829119004.pdf

Download (5MB)

Abstract

ABSTRAK

Agus Angga Rizky, 2023 : “STRATEGI KOMUNIKASI PEMASARAN SAKEENA PUBLISHING DALAM MENYEBARKAN PESAN ISLAM DI MEDIA SIBER” Tesis. Komunikasi Penyiaran Islam Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember. Pembimbing I : Dr. Nurul Widyawati Islami Rahayu, M.Si. Pembimbing II : Dr. Kun Wazis, M.I.Kom.

Kata Kunci : Strategi Komunikasi Pemasaran, Pesan Islam, Media Siber

Perkembangan teknologi dan informasi telah berkembang pesat. Pengaruhnya pun berdampak pada berbagai hal, seperti cara berfikir dan berperilaku. Pergeseran pola berbelanja ke sistem online berdampak pada perubahan pola komunikasi pemasaran, sehingga menuntut perubahan strategi komunikasi pemasaran yang baru. Penerbit buku juga beralih untuk jualan online dengan menggunakan pendekatan chain distribusion. Namun banyak penerbit yang hanya melakukan pelatihan untuk meningkatkan omset para distributornya saja. Berbeda dengan penerbit Sakeena yang rutin mengadakan bedah buku, serta seminar khusus untuk pengembangan diri. Uniknya Sakeena juga menyebarkan pesan keislaman selama proses pemasarannya.
Fokus penelitian ini adalah 1). Bagaimana Perencanaan Komunikasi Pemasaran Sakeena Publishing dalam Menyebarkan Pesan Islam di Media Siber, 2). Bagaimana Pelaksanaan Komunikasi Pemasaran Sakeena Publishing dalam Menyebarkan Pesan Islam di Media Siber, 3). Bagaimana Metode Menyampaikan Pesan Islam dalam Strategi Komunikasi Pemasaran Sakeena Publishing di Media Siber.
Tujuan penelitian ini adalah 1). Untuk Menganalisis Perencanaan Komunikasi Pemasaran Sakeena Publishing dalam Menyebarkan Pesan Islam di Media Siber, 2). Untuk Menganalisis Pelaksanaan Komunikasi Pemasaran Sakeena Publishing dalam Menyebarkan Pesan Islam di Media Siber, dan 3). Untuk Menganalisis Metode Menyampaikan Pesan Islam dalam Strategi Komunikasi Pemasaran Sakeena Publishing di Media Siber.
Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Pemilihan subjek penelitian menggunakan metode purposive. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, dokumentasi dan observasi partisipan. Sedangkan keabsahan datanya menggunakan triangulasi sumber dan tehnik.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa 1). Perencanaan strategik yang dilakukan penerbit terdiri dari tujuannya untuk berkumpul di jannah, sebagai kapal dakwah, dan penggerak ekonomi umat, latar belakang program untuk mengatasi permasalahan dalam keluarga, sasarannya ibu-ibu muda, kebijakan dalam metode pembayarannya bisa cash, bertahap dan arisan dan temanya tentang keluarga. Perencanaan operasional terdiri dari kegiatan louncing buku. Sedangkan perencanaan kerja terdiri dari pembagian tugas kerja antara penerbit dan distributor, serta pemilihan media promosi. 2). Bentuk pelaksanaanya terdiri dari tema seminar tentang keluarga, melakukan kerjasama dengan pihak luar, seperti pihak percetakan, ilustrator, dan para distributor. Penerbit bertugas untuk menerbitkan buku dan menyediakan bahan-bahan promosi. Sedangkan distributor bertugas memasarkannya. Kegiatan louncing bukunya terdiri dari share materi product knowledge, seminar, bedah buku, Kulwap, dan gathering. Proses pemasarannya menggunakan media siber milik penerbit dan dibantu distributor. 3). Adapun untuk metode menyampaikan pesan Islam adalah bayan, tadzkir, tabligh, tabsyir, indzar, ta’aruf, nasihat, irsyad, wadz atau mauidzah, dan idkhal al surur.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Strategi Komunikasi Pemasaran, Pesan Islam, Media Siber
Subjects: 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1505 Marketing > 150502 Marketing Communications
20 LANGUAGE, COMMUNICATION AND CULTURE > 2001 Communication and Media Studies > 200101 Communication Studies
20 LANGUAGE, COMMUNICATION AND CULTURE > 2001 Communication and Media Studies > 200102 Communication Technology and Digital Media Studies
22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies
Divisions: Program Magister > Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Agus Angga Rizky
Date Deposited: 03 Jul 2023 06:38
Last Modified: 03 Jul 2023 06:38
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/24787

Actions (login required)

View Item View Item