Strategi Reinforcement Guru Ngaji dalam Meningkatkan Pemahaman Materi Gharib Musykilat di TPQ Miftahul Huda Desa Sumbersuko Dringu Probolinggo Tahun Pelajaran 2022/2023

Amdiana, Sofiatun (2023) Strategi Reinforcement Guru Ngaji dalam Meningkatkan Pemahaman Materi Gharib Musykilat di TPQ Miftahul Huda Desa Sumbersuko Dringu Probolinggo Tahun Pelajaran 2022/2023. Undergraduate thesis, UIN KH Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Sofiatun Amdiana T20191138_Skripsi Watermark.pdf

Download (4MB)

Abstract

Sofiatun Amdiana, 2023: Strategi Reinforcement Guru Ngaji dalam Meningkatkan Pemahaman Materi Gharib Musykilat di TPQ Miftahul Huda Desa Sumbersuko Dringu Probolinggo Tahun Pelajaran 2022/2023.
Kata kunci: Reinforcement, Gharib Musykilat, TPQ
Materi gharib musykilat yang sering dianggap sulit oleh kalangan pelajar karena ketidaksamaan lafad dan cara membacanya serta hanya terletak di surat tertentu saja merupakan tantangan bagi seorang pendidik dalam mengajarkan materi tersebut. Oleh karena itu, perlu adanya reinforcement baik positif maupun negatif untuk meningkatkan pemahaman peserta didik mengenai materi tersebut, sehingga proses pembelajaran dapat terlaksana dengan secara optimal.
Fokus penelitian ini adalah: 1) Bagaimanakah strategi reinforcement positif guru ngaji dalam meningkatkan pemahaman materi gharib musykilat di TPQ Miftahul Huda Desa Sumbersuko Dringu Probolinggo?, 2) Bagaimanakah strategi reinforcement negatif guru ngaji dalam meningkatkan pemahaman materi gharib musykilat di TPQ Miftahul Huda Desa Sumbersuko Dringu Probolinggo?, 3) Bagaimanakah efektivitas strategi reinforcement guru ngaji dalam meningkatkan pemahaman materi gharib musykilat di TPQ Miftahul Huda Desa Sumbersuko Dringu Probolinggo?.
Penelitian ini menggunakan metode kombinasi (mixed method) dengan jenis penelitian deskriptif. Subyek penelitian menggunakan teknik purposive. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dokumentasi, dan kuisioner. Teknik analisis data yaitu kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Keabsahan data menggunakan trianggulasi sumber dan teknik.
Penelitian ini memperoleh kesimpulan: 1) Strategi reinforcement positif ialah memberikan pujian secara lisan ketika dapat menjawab pertanyaan dengan benar oleh guru yang diikuti dengan mimik wajah tersenyum dan gerak badan seperti mengangguk, bertepuk tangan, memberikan jempol, dll, pemberian hadiah bagi santri yang memenangkan perlombaan tingkat TPQ satu tahun sekali, serta penobatan santri berprestasi dan wisuda teladan, 2) Strategi reinforcement negatif adalah teguran secara lisan kepada santri yang mengobrol, bergurau, tertidur, dll ketika pembelajaran dimulai, dihukum berdiri sambil membaca kitab tajwid, belajar secara individu, serta tidak bisa mengikuti wisuda al Qur`an, 3) Strategi reinforcement efektif dalam meningkatkan pemahaman materi gharib musykilat di TPQ Miftahul Huda, karena respon peserta didik ketika diberikan penguatan positif cenderung mengulangi perbuatannya atau lebih baik lagi, dan penguatan negatif mengakibatkan tingkah laku negatif dapat dikurangi. Selain itu, hasil tes wisuda al Qur`an menunjukkan 12 santri dinyatakan lulus dan bisa mengikuti wisuda al Qur`an. Peneliti juga menemukan bahwa reinforcement negatif ternyata lebih efektif dibandingkan dengan reinforcement positif.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130106 Secondary Education
13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Sofiatun Amdiana
Date Deposited: 04 Jul 2023 02:16
Last Modified: 04 Jul 2023 02:16
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/24872

Actions (login required)

View Item View Item