Pengaruh Pengajian Al-Hidayah Terhadap Akhlak Remaja di Desa Gebang Kecamatan Patrang Kabupaten Jember Tahun 2023

Insaniyah, Iltiqo'un (2023) Pengaruh Pengajian Al-Hidayah Terhadap Akhlak Remaja di Desa Gebang Kecamatan Patrang Kabupaten Jember Tahun 2023. Undergraduate thesis, UIN KH ACHMAD SIDDIQ JEMBER.

[img] Text
SKRIPSI ILTIQO'UN INSANIYAH T20191178 (WATERMAKS)_compressed.pdf

Download (1MB)

Abstract

Kata Kunci: Pengajian, Akhlak, Remaja
Pada saat ini banyak sekali remaja yang sikap keberagamaannya sangat memprihatinkan, terutama dalam masalah akhlak atau tingkah laku, misalnya banyak remaja yang terlibat dalam tindakan kriminal seperti tawuran, narkoba, dan sikap kenakalan remaja lainnya. Salah satu bentuk pendidikan non formal yang ada di masyarakat Islam adalah pengajian, yang sebenarnya pengajian ini merupakan satu- satunya bentuk institusional pendidikan Islam sejak pertama kali dan dapat bertahan hingga sekarang. Kegiatan ini biasanya berpusat di lingkungan masjid yang mana masjid sangat mungkin sekali melakukan pembinaan terhadap jamaah di wilayahnya.

Rumusan masalah yang diteliti dalam skripsi ini adalah: 1) Bagaimana pengajian Al-hidayah di Desa Gebang Kecamatan Patrang Kabupaten Jember Tahun 2023? 2) Bagaimana akhlak remaja di Desa Gebang Kecamatan Patrang Kabupaten Jember Tahun 2023? 3) Adakah pengaruh pengajian Al-hidayah terhadap akhlak remaja di Desa Gebang kecamatan Patrang Kabupaten Jember Tahun 2023?
Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif. Hal ini dikarenakan data yang diperoleh berupa angka yang distatistikan. Dari angka yang diperoleh akan dianalisa lebih lanjut dengan menggunakan analisis regresi sederhana.
Penelitian ini sampai pada simpulan bahwa 1) Adapun pengajian dilaksanakan pada malam senin malam tepatnya setelah maghrib sampai selesai. Kegiatan ini dimulai dari pembacaan tawasul, tahlil, istighosah dan diakhiri dengan tausiah mauidhoh hasanah selama 30 menit. 2) Remaja di Desa Gebang Kecamatan Kabupaten Jember akhlaknya kurang baik. 3) Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pengajian Al-hidayah berpengaruh positif terhadap akhlak remaja di Desa Gebang Kecamatan Patrang Kabupaten Jember tahun 2023 hal ini ditunjukkan oleh nilai frekuensi 38.000 lebih besar dibbadingkan dengan frekuensi pada taraf signifikan 5% yaitu 4,17 maka hasilnya juga menunjukkan 1% yaitu 7,56.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies
Depositing User: Ms Iltiqo'un Insaniyah
Date Deposited: 04 Jul 2023 02:59
Last Modified: 04 Jul 2023 02:59
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/24919

Actions (login required)

View Item View Item