Strategi Pemasaran Online Sepeda Motor Merek Yamaha Dalam Meningkatkan Volume Penjualan Tahun 2021-2022 (Studi Kasus PT. Amin Yahama Motor Genteng)

Sangadah, Umi Arifatus (2023) Strategi Pemasaran Online Sepeda Motor Merek Yamaha Dalam Meningkatkan Volume Penjualan Tahun 2021-2022 (Studi Kasus PT. Amin Yahama Motor Genteng). Undergraduate thesis, UIN KH Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
UMI ARIFATUS SANGADAH_E20192361.pdf

Download (5MB)

Abstract

Umi Arifatus Sangadah, 2023: Strategi Pemasaran Online Sepeda Motor Merek Yamaha Dalam Meningkatkan Volume Penjualan Pada Tahun 2021-2022 (Studi Kasus PT. Amin Yamaha Motor Genteng)

Ketatnya persaingan dalam suatu bisnis memaksa perusahan berfikar lebih keras dalam mempertahankan pasar, menghasilkan produk yang mampu bersaing dan membuat produk yang berkualitas. Setiap perusahan tentu memilki tujuan
yaitu untuk mencapai volume penjualan, untuk mencapai keuntungan dan unuk mendukung pertumbuhan bisnis. Untuk mencapai tujuan tersebut perusahaan harus memiliki strategi pemasaran yang tepat dengan kondisi pasar. Fenomena
yang terjadi sekarang membuat beberapa perusahaan juga menggunakan strategi pemasaran online dengan memanfaatkan media sosial untuk melakukan promosi.
Hal ini tentunya juga dilakukan oleh beberap perusahan termasuk PT. Amin Yamaha Motor Genteng.
Fokus masalah yang diteleiti dalam skripsi ini yaitu; 1) Bagaimana penerapan strategi pemasaran online yang diterapkan di PT. Amin Yamaha Motor Genteng? 2) Apa kelebihan dan kekurangan strategi pemasaran online yang
dilakukan di PT. Amin Yamaha Motor Genteng? 3) Bagaimana peningkatan volume penjualan pada tahun 2021 sampai tahun 2022 yang terjadi di PT. Amin Yamaha Motor Genteng?.
Tujuan dari skripsi ini sendiri adalah untuk mengeahui bagaimana strategi pemasaran online sepeda motor merek Yamaha dalam meningkatkan volume penjualan pada tahun 2021-2022.
Dalam penelitian ini menggunakan metode analisis deskripsi dengan jenis penelitian kualitatif. Penelitian ini dilakukan di PT. Amin Yamaha Motor Genteng yang berlokasi di Jl. Jember No.1, Curahketangi Barat, Setail, Kecamatan
Genteng, Kabupaten Banyuwangi. Penentuan subjek penelitian menggunakan teknik purposive sampling. Adapun Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan analisis
deskripsi dan keabsahan data menggunakan triangulasi sumber.
Berdasarkan penelitian ini dapat disimpulkan dengan hasil sebagai berikut:
1. Penerapan strategi pemasaran online yang dilakukan di PT. Amin Yamaha Motor Genteng menggunakan strategi bauran pemasaran (marketing max), yaitu: strategi produk, strategi harga, strategi promosi dan strategi saluran distribusi, 2.
Strategi pemasaran online memiliki kelebihan salah satu yaitu akses atau jangkaunnya lebih luas, biaya yang dikeluarkan saat melakukan promosi lebih hemat karena bisa dilakukan lewat sosial media, dalam melakukan promosi lebih
mudah, pelayanannya bisa dilakukan setiap saat. Sedangkan kekurangan strategi pemasaran yaitu konsumen tidak bisa melihat barangnya secara langsung, lebih banyak pesaing dan banyakmya penipuan yang terjadi di media sosial, 3. Volume
penjualan pada tahun 2021 pencapai 237 unit yang terjual sedangkan pada tahun 2022 sebesar 192 sepeda terjual. Penurunan ini terjadi karena beberapa strategi
penjualan yang dijalankan kurang maksimal.
Kata Kunci: Pemasaran Online, Marketing Max, Volume Penjualan

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1503 Business and Management > 150303 Corporate Governance and Stakeholder Engagement
15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1505 Marketing > 150501 Consumer-Oriented Product or Service Development
15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1503 Business and Management
15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1505 Marketing
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Ms Umi Arifatus Sangadah
Date Deposited: 05 Jul 2023 03:30
Last Modified: 05 Jul 2023 03:30
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/24928

Actions (login required)

View Item View Item