Analisis Switching Intention Pada Generasi Z Followers Instagram Likes BSI Maslahat

Mahmudah, Anastasya Nur (2023) Analisis Switching Intention Pada Generasi Z Followers Instagram Likes BSI Maslahat. Undergraduate thesis, UIN KH. Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Anastasya Nur Mahmudah_E20191132.pdf

Download (5MB)

Abstract

Kata Kunci: Faktor, Followers Instagram Likes BSI Maslahat, Generasi Z, Switching Intention.

Persentase jumlah penganut agama Islam di Indonesia sebesar 87,2 %. Persentase populasi ini jauh lebih besar daripada populasi umat muslim di dunia seperti negara mayoritas muslim yang terletak di Timur Tengah. Namun, persentase tersebut tidak diikuti dengan tingginya pangsa pasar bank syariah. Terlebih dengan adanya merger bank syariah diharap membawa dampak positif bagi pertumbuhan khususnya dalam memperluas wilayah pasar. Namun, pada kenyataannya, terdapat beberapa penurunan jumlah nasabah BSI di beberapa wilayah. Oleh karena itu, peneliti mengambil judul “Analisis Switching Intention pada Generasi Z Followers Instagram Likes BSI Maslahat” dengan menfokuskan pada generasi Z karena generasi ini sedang memfokuskan diri untuk menghasilkan uang dan menabung.
Rumusan masalah yang diteliti adalah 1) Apa saja faktor-faktor yang mempengaruhi switching intention pada generasi Z followers instagram likes BSI Maslahat? 2) Apa faktor yang dominan dalam mempengaruhi switching intention pada generasi Z followers instagram likes BSI Maslahat?
Tujuan penelitian ini adalah: 1) Menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi switching intention pada generasi Z followers instagram likes BSI Maslahat. 2) Menganalisis faktor yang dominan dalam mempengaruhi switching intention pada generasi Z followers instagram likes BSI Maslahat.
Jenis penelitian netnografi dengan pendekatan kuantitatif. Teknik penggunaan sampling rule of thumb. Teknik analisis data menggunakan analisis faktor eksploratori.
Penelitian ini memperoleh kesimpulan 1) Faktor yang mempengaruhi switching intention generasi Z followers instagram likes BSI Maslahat ada dua. Pertama, faktor persepsi indivdu yang merupakan gabungan dari perceived behavioral control dan attitude di mana kecukupan pengetahuan menjadi nilai faktor loading tertinggi di antara faktor lain seperti ketersediaan dana, persepsi kemudahan, ketersediaan waktu dalam mencari informasi, persepsi keuntungan, persepsi manfaat, kemauan diri dalam beralih, kecocokan produk dengan gaya hidup, serta persepsi bagi hasil. Kedua, faktor keagamaan yang merupakan gabungan dari motivasi keagamaan dan perceived behavioral control dengan nilai faktor loading tertinggi pada faktor keyakinan dan pengalaman dibanding lainnya yaitu faktor pengetahuan agama, pengalaman, konsekuensi, serta kepercayaan informasi yang didapat 2) Dari dua faktor yang terbentuk, faktor dominan yang mempengaruhi switching intention ialah faktor pertama persepsi individu yang mampu menjelaskan switching intention generasi Z followers likes BSI Maslahat setengah dari persentase beberapa faktor terbentuk.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1502 Banking, Finance and Investment > 150299 Banking, Finance and Investment not elsewhere classified
15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1505 Marketing
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syari'ah
Depositing User: Mrs Anastasya Nur Mahmudah/ANM Mahmudah
Date Deposited: 04 Jul 2023 08:40
Last Modified: 04 Jul 2023 08:40
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/24942

Actions (login required)

View Item View Item