Penerapan Metode 'Allimna sebagai Cara Cepat Belajar Membaca Al-Qur'an di TPQ Darunnajah Desa Paleran Kecamatan Umbulsari Kabupaten Jember

hidayah, siti nurlailatul (2023) Penerapan Metode 'Allimna sebagai Cara Cepat Belajar Membaca Al-Qur'an di TPQ Darunnajah Desa Paleran Kecamatan Umbulsari Kabupaten Jember. Undergraduate thesis, UIN KH Acmad Siddiq Jember.

[img] Text
SITI NURLAILATUL HIDAYAH_T20191052.pdf

Download (1MB)

Abstract

Siti Nurlailatul Hidayah, 2023: Penerapan Metode ‘Allimna sebagai Cara Cepat Belajar Membaca Al-Qur’an di TPQ Darunnajah Desa Paleran Kecamatan Umbulsari Kabupaten Jember.
Kata Kunci: Metode ‘Allimna, kualitas belajar, Al-Qur’an
Minimnya angka presentase masyarakat muslim Indonesia yang mampu membaca Al-Qur’an menimbulkan rasa keprihatinan di kalangan Ulama’ dan masyarakat muslim lainnya. Sementara kemampuan dalam membaca al-Qur’an dengan baik dan benar merupakan dasar yang yang harus dimiliki oleh setiap muslim. Maka dalam menghadapi permasalahan tersebut LP Ma’arif NU Cabang Jember menciptakan suatu metode belajar ngaji al-Qur’an yang diberi nama ‘Allimna. ‘Allimna tidak hanya mengajarkan cara membaca al-Qur’an, tetapi juga mengajarkan tentang bagaimana cara menulis dan menghafal al-Qur’an.
Fokus penelitian dalam skripsi ini adalah: 1) Bagaimana penerapan metode ‘Allimna sebagai cara cepat belajar membaca al-Qur’an di TPQ Darunnajah Desa Paleran Kecamatan Umbulsari Kabupaten Jember? 2) Apa faktor pendukung dan faktor penghambat metode ‘Allimna yang diterapkan di TPQ Darunnajah Desa Paleran Kecamatan Umbulsari Kabupaten Jember?
Tujuan penelitian ini adalah: 1) Mendeskripsikan bagaimana penerapan metode ‘Allimna sebagai cara cepat belajar membaca al-Qur’an di TPQ Darunnajah Desa Paleran Kecamatan Umbulsari Kabupaten Jember. 2) Mendeskripsikan faktor pendukug dan faktor penghambat metode ‘Allimna yang sedang diterapkan di TPQ Darunnajah Desa Paleran Kec. Umbulsari Kab. Jember.
Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian lapangan. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Kemudian teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.
Penelitian ini sampai pada kesimpulan bahwa 1) Penerapan metode ‘Allimna di TPQ Darunnajah Desa Paleran menggunakan metode privat, metode ini merupakan metode yang digunakan dalam pembelajaran secara individual antara guru dengan santri, dalam hal ini santri melakukan setoran mengaji satu per satu secara bergantian. Adapun sistem evaluasi yang digunakan untuk mengukur kemampuan belajar membaca santri yaitu dengan sistem penilaian langsung menggunakan buku Prestasi yang wajib dimiliki oleh setiap santri. Metode ‘Allimna dapat meningkatkan kemampuan belajar membaca Al-Qur’an santri, hal itu di buktikan dengan pencapaian target materi ujian yang dinilai langsung oleh LP Ma’arif NU Cabang Jember dengan kategori lulus. 2) Faktor pendukung diantaranya Tersedianya sumber belajar lengkap, tersedianya lagu menarik disetiap jilidnya untuk memudahkan santi memahami materi bacaan, tersedianya buku prestasi sebagai media evaluasi dan pengukur kemampuan santri, tersedianya sarana dan prasarana yang memadai adapun faktor yang menghambat keberhasilan proses pembelajaran diantaranya adalah usia santri yang masih terlalu muda, santri mudah tidak fokus, serta tenaga guru yang kurang.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ms Siti Nurlailatul Hidayah
Date Deposited: 04 Jul 2023 08:43
Last Modified: 04 Jul 2023 08:43
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/24943

Actions (login required)

View Item View Item