Pengaruh Model Pembelajaran Direct Instruction Dengan Media Alat Peraga Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran IPA Materi Pesawat Sederhana Kelas VIII SMP Negeri 1 Kota Probolinggo

Susanti, Rizki Diana (2023) Pengaruh Model Pembelajaran Direct Instruction Dengan Media Alat Peraga Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran IPA Materi Pesawat Sederhana Kelas VIII SMP Negeri 1 Kota Probolinggo. Undergraduate thesis, UIN KH. Achmad Shiddiq Jember.

[img] Text
RIZKI DIANA SUSANTI NIM T201810005.pdf

Download (6MB)

Abstract

ABSTRAK
Rizki Diana Susanti, 2023 : Pengaruh Model Pembelajaran Direct Instruction dengan Media Alat Peraga Terhadap Hasil Belajar Siswa pada Pembelajaran IPA Materi Pesawat Sederhana Kelas VIII SMP Negeri 1 Kota Probolinggo.
Kata Kunci : Direct Instruction, Media Alat Peraga, dan Hasil Belajar
Penelitian ini dilatar belakangi oleh guru yang mengalami kesulitan untuk menyampaikan suatu pelajaran IPA kepada peserta didik dengan menggunakan metode ceramah sehingga terkesan membosankan. Sedangkan moyoritas siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Kota Probolinggo banyak menyukai dalam pembelajaran dengan menggunakan alat peraga.
Rumusan masalah yang diteliti dalam skripsi ini adalah: 1) Bagaimana penerapan model pembelajaran direct instruction dengan media alat peraga pada pembelajaran IPA materi pesawat sederhana kelas VIII SMP Negeri 1 Kota Probolinggo? 2) Adakah pengaruh model pembelajaran direct instruction dengan media alat peraga terhadap hasil belajar siswa pada pembelajaran IPA materi pesawat sederhana kelas VIII SMP Negeri 1 Kota Probolinggo?. Tujuan penelitian yang dilakukan oleh peneliti yaitu: (1) Untuk mendeskripsikan penerapan model pembelajaran direct instruction dengan media alat peraga pada pembelajaran IPA materi pesawat sederhana kelas VIII SMP Negeri 1 Kota Probolinggo. (2) Untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran direct instruction dengan media alat peraga terhadap hasil belajar siswa pada pembelajaran IPA materi pesawat sederhana kelas VIII SMP Negeri 1 Kota Probolinggo.
Penelitian ini adalah penelitian Quasi Experiment (Eksperimen Semu) dengan rancangan non-equivalen control group design. Pengambilan sampel dari populasi menggunakan teknik Purposive Sampling yaitu kelas 8.1 yang berjumlah 30 siswa sebagai kelas kontrol dan kelas 8.4 yang berjumlah 30 siswa sebagai kelas eksperimen. Teknik pengumpulan data menggunakan isntrumen tes. Teknik analisis data yang digunakan untuk menguji hipotesis adalah Uji Mann Whitney.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) penerapan model pembelajaran direct instruction dengan media alat peraga, peneliti menggunakan modul pembelajaran sesuai dengan ketentuan yang ada disekolah SMP Negeri 1 Kota Probolinggo dengan menggunakan langkah-langkah dari model pembelejaran direct instruction, yaitu : a. menyampaikan tujuan dan mempersiapkan siswa, b. mendemonstrasikan pengetahuan dan keterampilan, c. Membimbing penyelidikan individu dan kelompok, d. Mengembangkan dan menyajikan hasil, dan e. Menganalisis dan mengevaluasi proses pemecahan masalah. 2) dapat ditarik kesimpulan dari hasil penelitian bahwa ada pengaruh model pembelajaran direct instruction dengan media alat peraga terhadap hasil belajar siswa pada pembelajaran IPA materi pesawat sederhana kelas VIII SMP Negeri 1 Kota Probolinggo.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 02 PHYSICAL SCIENCES > 0201 Astronomical and Space Sciences > 020108 Planetary Science (excl. Extraterrestrial Geology)
13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130309 Learning Sciences
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris IPA
Depositing User: Mam Rizki Diana Susanti
Date Deposited: 05 Jul 2023 01:08
Last Modified: 05 Jul 2023 01:08
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/24973

Actions (login required)

View Item View Item