Akhlak murid terhadap guru perspektif hafiz hasan al-mas’udi dan umar bin ahmad baraja

Sauri, Sofyan (2023) Akhlak murid terhadap guru perspektif hafiz hasan al-mas’udi dan umar bin ahmad baraja. Masters thesis, UIN Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
SOFYAN SAURI_213206030030.pdf

Download (11MB)

Abstract

Kata Kunci: Akhlak Murid, Guru.

Hafiz Hasan al-Mas’udi adalah seorang ulama terkemuka yang memiliki pengetahuan mendalam dalam bidang akhlak. Dalam karyanya Taysir al-Khallaq fi Ilmi al-Akhlaq menunjukkan pemahaman yang mendalam tentang prinsip-prinsip dan nilai nilai yang berkaitan dengan hubungan antara guru dan murid. Umar bin Ahmad Baraja juga memiliki kontribusi dalam pemikiran tentang akhlak. Dalam karyanya al-Akhlaq lil Banin mengandung panduan praktis dan nasihat berharga tentang bagaimana membangun hubungan baik antara guru dan murid. Membandingkan perspektif keduanya akan memberikan wawasan yang lebih kaya dan pemahaman yang lebih luas.
Fokus peneleitian ini yaitu: (1) bagaimana akhlak murid terhadap guru perspektif Hafiz Hasan al-Mas’udi? (2) bagaimana akhlak murid terhadap guru perspektif Umar bin Ahmad Baraja? (3) bagaimana perbandingan akhlak murid terhadap guru perspektif Hafiz Hasan al-Mas’udi dan Umar bin Ahmad Baraja? (4) bagaimana relevansi akhlak murid terhadap guru perspektif Hafiz Hasan al-Mas’udi dan Umar bin Ahmad Baraja dengan pendidikan masa kini?
Pendekatan penelitian ini yaitu metode kualitatif dengan jenis penelitian kepustakaan (library research). Sumber data primer dalam penelitian ini adalah kitab Taysir al-Khallaq fi Ilmi al-Akhlaq dan kitab al-Akhlaq lil Banin. Sumber data sekunder yang digunakan adalah Ta'lim al-Muta'allim, Adab al-Alim wa al-Muta'allim dan pendukung lainnya. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi, dokumentasi, dan studi literatur. Teknik analisis data menggunakan model Krippendorff. Keabsahan data menggunakan triangulasi sumber, metode, penyidik, dan teori.
Hasil penelitian menunjukkan: (1) akhlak murid terhadap guru perspektif Hafiz Hasan al-Mas’udi yaitu meyakini kelebihan guru, tunduk dihadapan guru dengan duduk sopan dan mendengarkan penjelasan, tidak bergurau dan mengunggulkan guru lain, tidak malu bertanya, (2) akhlak murid terhadap guru menurut Umar bin Ahmad Baraja yaitu duduk dan berbicara sopan, memperhatikan penjelasan guru dan ketika tidak paham bertanya dengan sopan, konsisten dalam kehadiran dan mengulas pelajaran, dan tunduk atas perintah guru, (3) perbandingan akhlak murid terhadap guru perspektif Hafiz Hasan al-Mas’udi dan Umar bin Ahmad Baraja memiliki persamaan dan perbedaan yang tidak signifikan, (4) relevansi akhlak murid terhadap guru perspektif Hafiz Hasan al-Mas’udi dan Umar bin Ahmad Baraja dalam konteks pendidikan kekinian dapat menjadi solusi memperbaiki akhlak generasi muda.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130101 Continuing and Community Education
13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130105 Primary Education
13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130108 Technical, Further and Workplace Education
Divisions: Program Magister > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Sofyan Sauri
Date Deposited: 04 Jul 2023 09:19
Last Modified: 04 Jul 2023 09:19
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/24989

Actions (login required)

View Item View Item