Internalisasi Nilai Akhlak Santri melalui Pembelajaran Kitab Tafsir Ḥāshiyah as-Ṣōwī ‘alā Tafsīr al-Jalālayn di Pondok Pesantren Al-Multazam Balung

Muwafiqurrahman, Angga (2023) Internalisasi Nilai Akhlak Santri melalui Pembelajaran Kitab Tafsir Ḥāshiyah as-Ṣōwī ‘alā Tafsīr al-Jalālayn di Pondok Pesantren Al-Multazam Balung. Masters thesis, UIN KH Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
ANGGA MUWAFIQURRAHMAN 203206030017.pdf

Download (17MB)

Abstract

Kata Kunci: Internalisasi, Nilai Akhlak, Ḥāshiyah as-Ṣōwī

Akhlak merupakan perangai atau perilaku yang melekat pada diri seseorang yang memunculkan perbuatan atau kelakuan baik tanpa mempertimbangkan pikiran terlebih dahulu. Maka dari itu, pesantren dituntut untuk mampu menginternalisasikan nilai-nilai akhlak tersebut hingga menyatu dalam sikap dan perilaku yang digambarkan dalam bentuk nyata dari nilai akhlak yang ditanamkan. Melalui kajian Ḥāshiyah as-Ṣōwī ‘alā Tafsīr al-Jalālayn ini pesantren Al-Multazam berupaya menginternalisasikan nilai-nilai akhlak yang terkandung dalam kitab tersebut kepada para santri disana.
Fokus penelitian dari tesis ini adalah bagaimana transformasi, transaksi dan transinternalisasi nilai akhlak santri melalui pembelajaran kitab tafsir Ḥāshiyah as-Ṣōwī ‘alā Tafsīr al-Jalālayn di pondok pesantren Al-Multazam.Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui tahap transformasi, transaksi dan transinternalisasi nilai akhlak santri melalui pembelajaran kitab tafsir Ḥāshiyah as-Ṣōwī ‘alā Tafsīr al-Jalālayn di pondok pesantren Al-Multazam.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, dan jenis penelitian berbentuk fenomenologi. Teknik penentuan informan penelitian menggunakan purposive sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi partisipasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data menggunakan analisis deskriptif kualitatif model Miles dan Huberman. Keabsahan menggunakan triangulasi sumber, teknik dan waktu.
Hasil penelitian ini antara lain: 1)Pada tahap transformasi pengajar mampu memberikan pemahaman kepada santri terkait kajian dari tafsir Ḥāshiyah as-Ṣāwī ‘alā Tafsīr al-Jalālayn Ala Tafsir al-Jalalain surah Luqman ayat 18-19 mengenai larangan bersikap sombong, berbuat baik sesama manusia serta berbicara dengan bahasa yang halus dan sopan. 2) Tahap transaksi pengajar memberikan contoh nilai ketawaḍuan kepada santri dengan metode pembiasaan yang tercover dalam kegiatan pondok dan sesuai dengan kajian tafsir surah Luqman ayat 18-19, diantaranya adalah: larangan bersikap sombong, berbuat baik sesama manusia serta berbicara dengan bahasa yang halus dan sopan. 3)Tahap transinternalisasi santri yang sudah lepas dari kontrol pengasuh dan pengurus baik di dalam pondok ataupun di luar pondok. Adapun nilai akhlak tersebut yaitu larangan untuk bersikap sombong, berbicara dengan bahasa yang halus dan sopan, dan merendahkan diri serta berbuat baik pada semua orang.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies
Divisions: Program Magister > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Angga Muwafiqurrahman
Date Deposited: 06 Jul 2023 01:38
Last Modified: 06 Jul 2023 01:38
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/25056

Actions (login required)

View Item View Item