IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA PADA PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SEKOLAH DASAR NEGERI 02 NOGOSARI GUMUK LIMO KABUPATEN JEMBER

Mahmudi, Ahmad Najib (2023) IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA PADA PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SEKOLAH DASAR NEGERI 02 NOGOSARI GUMUK LIMO KABUPATEN JEMBER. Undergraduate thesis, UIN KHAS JEMBER.

[img] Text
Ahmad Najib Mahmudi_T20193153.pdf

Download (4MB)

Abstract

Kata Kunci: Kurikulum Merdeka, Pembelajaran Pendidikan Agama Islam, SDN 02

Nogosari Gumuk Limo Kebupaten Jember

Kurikulum merdeka merupakan kurikulum dengan pembelajaran

intrakurikuler yang beragam dan berfokus pada materi yang diperlukan atau

dibutuhkan, agar peserta didik memiliki cukup waktu untuk mendalami konsep dan

menguatkan kompetensi, dalam pembelajaran PAI kurikulum dilaksanakan sesuai

ketentuan, isi, dan bahan pelajaran serta cara yang digunakan sebagai pedoman

pembelajaran untuk mencapai tujuan pendidikan tertentu. Kurikulum Merdeka pada

pembelajaran pendidikan agama islam merupakan pelaksanaan kurikulum dengan

pembelajaran intrakurikuler dan berfokus pada materi sesuai ajaran agama Islam,

dengan memerlukan pendekatan pengajaran agama yang berbeda dari pendekatan

subjek pelajaran yang lainnya.

Fokus peneliti dalam Penelitian ini adalah: (1) Bagaimana Perencanaan

Kurikulum Merdeka pada pembelajaran Pendidikan Agama Islam di Sekolah Dasar

Negeri 02 Nogosari Gumuk Limo Kabupaten Jember.? (2) Bagaimana Pelaksanaan

kurikulum merdeka pada pembelajaran Pendidikan Agama Islam di Sekolah Dasar

Negeri 02 Nogosari Gumuk Limo Kabupaten Jember.? (3) Bagaimana evaluasi

kurikulum merdeka pada pembelajaran Pendidikan Agama Islam di Sekolah Dasar

Negeri 02 Nogosari Gumuk Limo Kabupaten Jember.?

Tujuan penelitian ini adalah: 1) Untuk mengetahui Perencanaan Kurikulum

Merdeka dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SDN 02 Nogosari.? 2)

Untuk mengetahui pelaksanaan Kurikulum Merdeka dalam pembelajaran Pendidikan

Agama Islam di SDN 02 Nogosari kabupaten Jember.? 3)

Untuk mengetahui evaluasi Kurikulum Merdeka dalam pembelajaran Pendidikan

Agama Islam di SDN 2 kabupaten Jember.?

Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan jenis studi kasus.

Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara mendalam, observasi

partisipatif, dan dokumentasi. Kemudian teknis analisis data yakni menganalisis

proses pelaksanaan kurikulum merdeka dalam pelaksanaan pembelajaran pendidikan

agama Islam SDN 02 Nogosari Gumuk limo kabupaten Jember

Penelitian ini dapat disimpulan bahwa 1) Peireincanaan Kuirikuilm Meirdeika di

Seikolah Dasar Neigeiri 02 Nogosari Guimuik Limo Kabupaten Jember sesuai

permendigbud Nomor 5 dan keputusan menteri pendidikan Nomor 56/M/2022

tentang Tentang pedoman penerapan Kurikulum Dalam Rangka Pemulihan

Pembelajaran Guru ditugaskan mengikuti kegiatan Workshop Implementasi

Kurikulum Merdeka pada pembelajaran pendidikan Agama Islam yang disediakan

oleh kementerian agama dimana dalam kegiatan tersebut di peroleh guru di wajibkan

untuk memahami serta membuat Buikui Keirja yang mana dilakuikan deingan eifisiein dan eifeiktif, Buikui Keirja teirdiri dari tuijuian peimbeilajaran, keigiatan peimbeilajaran, dan

aseismein dalam 1 halaman dan beibeirapa leimbar peinilaian-penilaian yang ada dalam

Modul Ajar.2) Pelaksanaan merdeka belajar pada penbelajaran Pendidikan Agama

Islam di SDN 02 Nogosari Gumuk Limo telah diterapkan pada tahun pelajaran

2022/2023 dengan menggunakan sistem pembelajaran berdeferensiasi sebagai

perwujudan merdeka belajar dan disambut baik oleh semua stakeholder sekolah, baik

peserta didik maupun pendidik dan pihak-pihak yang terkait. 3) evaluasi dalam

penilaian dan revisi pembelajaran. Guru menilai kegiatan pembelajaran dalam model

desain pembelajaran. Pendidik dalam mendesain pembelajaran menerapkan metode

evaluasi formatif dan sumatif untuk memeriksa tujuan dan sasaran.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130202 Curriculum and Pedagogy Theory and Development
Depositing User: Me Ahmad Najib Mahmudi
Date Deposited: 05 Jul 2023 08:50
Last Modified: 05 Jul 2023 08:50
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/25089

Actions (login required)

View Item View Item