Mahmudi, Ahmad Najib (2023) IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA PADA PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SEKOLAH DASAR NEGERI 02 NOGOSARI GUMUK LIMO KABUPATEN JEMBER. Undergraduate thesis, UIN KHAS JEMBER.
Text
Ahmad Najib Mahmudi_T20193153.pdf Download (4MB) |
Abstract
Kata Kunci: Kurikulum Merdeka, Pembelajaran Pendidikan Agama Islam, SDN 02
Nogosari Gumuk Limo Kebupaten Jember
Kurikulum merdeka merupakan kurikulum dengan pembelajaran
intrakurikuler yang beragam dan berfokus pada materi yang diperlukan atau
dibutuhkan, agar peserta didik memiliki cukup waktu untuk mendalami konsep dan
menguatkan kompetensi, dalam pembelajaran PAI kurikulum dilaksanakan sesuai
ketentuan, isi, dan bahan pelajaran serta cara yang digunakan sebagai pedoman
pembelajaran untuk mencapai tujuan pendidikan tertentu. Kurikulum Merdeka pada
pembelajaran pendidikan agama islam merupakan pelaksanaan kurikulum dengan
pembelajaran intrakurikuler dan berfokus pada materi sesuai ajaran agama Islam,
dengan memerlukan pendekatan pengajaran agama yang berbeda dari pendekatan
subjek pelajaran yang lainnya.
Fokus peneliti dalam Penelitian ini adalah: (1) Bagaimana Perencanaan
Kurikulum Merdeka pada pembelajaran Pendidikan Agama Islam di Sekolah Dasar
Negeri 02 Nogosari Gumuk Limo Kabupaten Jember.? (2) Bagaimana Pelaksanaan
kurikulum merdeka pada pembelajaran Pendidikan Agama Islam di Sekolah Dasar
Negeri 02 Nogosari Gumuk Limo Kabupaten Jember.? (3) Bagaimana evaluasi
kurikulum merdeka pada pembelajaran Pendidikan Agama Islam di Sekolah Dasar
Negeri 02 Nogosari Gumuk Limo Kabupaten Jember.?
Tujuan penelitian ini adalah: 1) Untuk mengetahui Perencanaan Kurikulum
Merdeka dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SDN 02 Nogosari.? 2)
Untuk mengetahui pelaksanaan Kurikulum Merdeka dalam pembelajaran Pendidikan
Agama Islam di SDN 02 Nogosari kabupaten Jember.? 3)
Untuk mengetahui evaluasi Kurikulum Merdeka dalam pembelajaran Pendidikan
Agama Islam di SDN 2 kabupaten Jember.?
Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan jenis studi kasus.
Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara mendalam, observasi
partisipatif, dan dokumentasi. Kemudian teknis analisis data yakni menganalisis
proses pelaksanaan kurikulum merdeka dalam pelaksanaan pembelajaran pendidikan
agama Islam SDN 02 Nogosari Gumuk limo kabupaten Jember
Penelitian ini dapat disimpulan bahwa 1) Peireincanaan Kuirikuilm Meirdeika di
Seikolah Dasar Neigeiri 02 Nogosari Guimuik Limo Kabupaten Jember sesuai
permendigbud Nomor 5 dan keputusan menteri pendidikan Nomor 56/M/2022
tentang Tentang pedoman penerapan Kurikulum Dalam Rangka Pemulihan
Pembelajaran Guru ditugaskan mengikuti kegiatan Workshop Implementasi
Kurikulum Merdeka pada pembelajaran pendidikan Agama Islam yang disediakan
oleh kementerian agama dimana dalam kegiatan tersebut di peroleh guru di wajibkan
untuk memahami serta membuat Buikui Keirja yang mana dilakuikan deingan eifisiein dan eifeiktif, Buikui Keirja teirdiri dari tuijuian peimbeilajaran, keigiatan peimbeilajaran, dan
aseismein dalam 1 halaman dan beibeirapa leimbar peinilaian-penilaian yang ada dalam
Modul Ajar.2) Pelaksanaan merdeka belajar pada penbelajaran Pendidikan Agama
Islam di SDN 02 Nogosari Gumuk Limo telah diterapkan pada tahun pelajaran
2022/2023 dengan menggunakan sistem pembelajaran berdeferensiasi sebagai
perwujudan merdeka belajar dan disambut baik oleh semua stakeholder sekolah, baik
peserta didik maupun pendidik dan pihak-pihak yang terkait. 3) evaluasi dalam
penilaian dan revisi pembelajaran. Guru menilai kegiatan pembelajaran dalam model
desain pembelajaran. Pendidik dalam mendesain pembelajaran menerapkan metode
evaluasi formatif dan sumatif untuk memeriksa tujuan dan sasaran.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130202 Curriculum and Pedagogy Theory and Development |
Depositing User: | Me Ahmad Najib Mahmudi |
Date Deposited: | 05 Jul 2023 08:50 |
Last Modified: | 05 Jul 2023 08:50 |
URI: | http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/25089 |
Actions (login required)
View Item |