Hubungan Efikasi Diri dengan Regulasi Diri dengan Hasil Belajar Biologi Siswa Kelas XI MIPA di MAN 1 Jember

A'yun, Dewi Qurratul (2023) Hubungan Efikasi Diri dengan Regulasi Diri dengan Hasil Belajar Biologi Siswa Kelas XI MIPA di MAN 1 Jember. Undergraduate thesis, UIN Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
SKRIPSI DEWI QURRATUL A'YUN T20198023.pdf

Download (9MB)

Abstract

ABSTRAK
Dewi Qurratul A’yun, 2023: Hubungan Efikasi Diri dan Regulasi Diri dengan Hasil Belajar Biologi Siswa Kelas XI MIPA di MAN 1 Jember Tahun Pelajaran 2022/2023
Kata Kunci: Efikasi Diri, Regulasi Diri, Hasil Belajar Biologi
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh efikasi diri yang merupakan keyakinan yang berada dalam diri siswa atas kemampuan yang dimilikinya. Dalam belajar siswa memerlukan pengaturan diri yang baik atau disebut dengan regulasi diri agar kegiatan yang dilakukan terstruktur. Adanya efikasi diri dan regulasi diri yang baik pada siswa dapat membantu mencapai tujuan pembelajaran yang diinginkan dengan salah satunya mendapat nilai yang memuaskan.
Rumusan masalah yang diteliti dalam skripsi ini adalah : 1. Bagaimana tingkat efikasi diri siswa kelas XI MIPA di MAN 1 Jember? 2. Bagaimana tingkat regulasi diri siswa kelas XI MIPA di MAN 1 Jember? 3. Bagaimana hasil belajar Biologi siswa kelas XI MIPA di MAN 1 Jember? 4. Bagaimana hubungan efikasi diri dengan hasil belajar biologi siswa kelas XI MIPA di MAN 1 Jember? 5. Bagaimana hubungan regulasi diri dengan hasil belajar biologi siswa kelas XI MIPA di MAN 1 Jember? 6. Bagaimana hubungan efikasi diri dan regulasi diri dengan hasil belajar biologi siswa kelas XI MIPA di MAN 1 Jember?
Penelitian ini dilakukan di MAN 1 Jember dengan menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis korelasional. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini meliputi seluruh siswa kelas XI MIPA di MAN 1 Jember. Jumlah sampel dalam penelitian ini sebanyak 143 siswa dengan menggunakan teknik pengambilan sampel yakni cluster random sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan angket atau kuesioner dan dokumentasi. Analisis data menggunakan analisis korelasi product moment dan korelasi ganda dengan bantuan SPSS versi 25.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa 1. Efikasi diri siswa kelas XI MIPA di MAN 1 Jember dengan kategori rendah memiliki persentase sebesar 17,5%, kategori tinggi dengan persentase sebesar 73,4%, dan kategori sangat tinggi dengan persentase sebesar 9,1%. 2. Regulasi diri siswa kelas XI MIPA di MAN 1 Jember dengan persentase sebesar 16,8% memiliki kategori rendah, persentase sebesar 77,6% memiliki kategori tinggi, dan kategori sangat tinggi memiliki persentase sebesar 5,6%. 3. Hasil belajar Biologi siswa kelas XI MIPA di MAN 1 Jember yang didapatkan dari nilai hasil UTS siswa dengan persentase sebesar 9,8% memiliki kategori tidak tuntas dan dengan persentase sebesar 90,2% memiliki kategori tuntas. 4. Terdapat hubungan yang signifikan antara efikasi diri dengan hasil belajar biologi siswa kelas XI MIPA di MAN 1 Jember. Hal ini dibuktikan dari hasil pengujian hipotesis uji t variabel efikasi diri yang diperoleh thitung = 2,144 lebih besar dari ttabel = 1,977. 5. Terdapat hubungan yang signifikan antara regulasi diri dengan hasil belajar biologi siswa kelas XI MIPA di MAN 1 Jember. Hal ini dibuktikan dari hasil pengujian hipotesis uji t variabel regulasi diri yang diperoleh thitung = 2,297 lebih besar dari ttabel = 1,977. 6. Efikasi diri dan regulasi diri siswa kelas XI MIPA di MAN 1 Jember mempunyai hubungan yang signifikan dengan hasil belajar biologi. Terbukti dengan hasil pengujian hipotesis uji F yang diperoleh dengan F hitung = 19,984 lebih besar dari F tabel sebesar = 3,06.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130305 Educational Counselling
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Biologi
Depositing User: Ms. Dewi Qurratul A'yun
Date Deposited: 05 Jul 2023 08:25
Last Modified: 05 Jul 2023 08:25
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/25150

Actions (login required)

View Item View Item